Meski Virus Corona Mewabah, Kereta Api Lokal & Jarak Jauh Tetap Beroperasi Sesuai Jadwal

Eva Chairunisa, Humas DAOP 1 KAI - kaltara.antaranews.com
Eva Chairunisa, Humas DAOP 1 KAI - kaltara.antaranews.com

– Walaupun saat ini sedang mewabah di sejumlah wilayah Indonesia, PT Indonesia masih tetap mengoperasikan moda kereta api sesuai . Sampai saat ini bahkan belum ada KA yang diubah atau dikurangi, baik untuk KA jarak jauh maupun KA lokal.

Meski demikian, BUMN ini masih terus menerapkan segala upaya untuk mencegah penyebaran Covid-19 di kereta api. “Hingga kini belum ada jadwal kereta api (KA) yang dikurangi maupun diubah. Baik itu KA Jarak Jauh maupun KA Lokal,” ungkap Kepala Humas PT KAI Daerah Operasional 1 Jakarta Eva Chairunisa, Senin (16/3) sore, seperti dilansir Kompas.

Di wilayah Daop 1 Jakarta, keberangkatan KA jarak jauh dari Stasiun Gambir, Pasar Senen, dan Jakarta Kota tetap sesuai jadwal yang berlaku. Demikian pula untuk keberangkatan KA lokal seperti KA Jatiluhur, KA Walahar, KA Lokal Merak, KA Pangrango, KA Siliwangi masih beroperasi seperti biasanya.

“Meski begitu, PT KAI tetap konsisten melakukan pencegahan penyebaran virus Corona di area stasiun dan di atas KA. Seperti, menyediakan hand sanitizer di beberapa sudut stasiun dan di atas KA, dan menempatkan untuk melakukan pengecekan suhu tubuh kepada calon ,” ungkap Eva Chairunisa.

Eva pun mengimbau para calon penumpang yang suhu badannya 38 derajat celsius dan atas rekomendasi petugas , maka calon penumpang itu tak diizinkan untuk melakukan perjalanan dengan kereta api. Nantinya bea pemesanan akan dikembalikan secara penuh dan tunai.

Selain itu, untuk penumpang suspect corona yang membawa pendamping, maka tiket KA bisa dikembalikan penuh juga dan berlaku untuk maksimal 4 orang dalam 1 kode booking. “Jika berbeda kode booking, maka bea tiket kereta api yang dikembalikan maksimal hanya untuk 2 orang sebagai pendamping,” imbuh Eva.

KAI pun berupaya mencegah penyebaran virus corona dengan terus menjaga kebersihan sarana kereta api dan melakukan penyemprotan disinfektan pada sarana KA, baik interior dan eksterior. Di Daop 1 Jakarta, stabling pencucian KA jarak jauh dilakukan di Stasiun Pasarsenen, Dao/Jakarta Gudang, Tanah Abang. Sedangkan untuk KA Lokal di Stasiun Sukabumi, Cikampek, Tanjung Priok, Merak, dan Rangkasbitung.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*