Asyik, 17 Agustus 2019 Masyarakat Bisa Naik Kereta Lokal Gratis!

Suprapto, Manajer Humas Daop 8 Surabaya - rri.co.id
Suprapto, Manajer Humas Daop 8 Surabaya - rri.co.id

Surabaya – Bertepatan dengan perayaan Hari Kemerdekaan RI ke-74 tahun, PT Indonesia (KAI) Daop 8 Surabaya memberi promo untuk masyarakat yang ingin naik KA lokal pada tanggal 17 Agustus 2019 mendatang. Harga tiket nol rupiah ini juga berlaku untuk perjalanan KA Komuter.

“Kami memberi apresiasi khusus kepada pada momen Kemerdekaan. Mereka merdeka dari tarif naik KA alias kami gratiskan saat perjalanan pas tanggal 17 Agustus besok,” ujar Manajer Humas Daop 8 Surabaya Suprapto, Rabu (14/8), seperti dilansir Tribunnews.

Lebih lanjut Suprapto menerangkan bahwa tarif gratis ini diberlakukan hanya pada perjalanan KA lokal atau komuter PSO (subsidi). KA komuter dan lokal sendiri biasanya dikenai tarif yang bersifat fluktuatif, antara Rp4.000 sampai Rp25.000. Sayangnya promo ini tak berlaku untuk KA jarak jauh atau KA . “Calon penumpang hanya bisa dilayani di loket di keberangkatan Alias go show,” papar Suprapto.

Pihak KAI Daop 8 Surabaya menggratiskan tiket untuk sekitar 13 jenis kereta api perjalanan lokal. “Total ada 46 perjalanan KA Lokal / KA Komuter PSO (Subsidi) di wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya yang masuk dalam program Promo Gratis dalam menyambut ke-74, dengan kapasitas daya angkut mencapai 28.652 penumpang dalam seharinya,” jelas Suprapto.

Berikut ini daftar KA lokal/komuter PSO (subsidi) yang termasuk dalam program tarif gratis di wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya:

  1. KRD Ekonomi Sidotopo – Porong.
  2. KRD Ekonomi relasi Surabaya kota – Porong (PP).
  3. KRD Ekonomi relasi Surabaya Pasarturi – Lamongan (PP).
  4. KA Jenggala relasi Mojokerto – Sidoarjo (PP).
  5. KA Dhoho relasi Blitar – Kertosono – Surabaya kota (PP).
  6. KA Penataran relasi Surabaya kota – Malang – Blitar (PP).
  7. KA Penataran relasi Blitar – Surabaya Gubeng (PP).
  8. KA Tumapel relasi Malang – Surabaya kota.
  9. KA Tumapel relasi Surabaya Gubeng – Malang.
  10. KA Ekonomi Lokal relasi Sidoarjo – Surabaya Pasarturi – Bojonegoro (PP).
  11. KA Ekonomi Lokal relasi Surabaya Pasarturi – Bojonegoro (PP).
  12. KA Ekonomi Lokal relasi Surabaya Pasarturi – Sidoarjo (PP).
  13. KA Ekonomi Lokal relasi Kertosono – Surabaya kota (PP).

Selain untuk merayakan HUT RI, promosi ini juga sengaja diselenggarakan untuk menarik minat masyarakat agar lebih sering menggunakan moda transportasi massal, terutama kereta api. “Pastinya juga sebagai sarana sosialisasi gerakan menggunakan sarana transportasi massal, dengan cara menumbuhkan rasa kecintaan masyarakat terhadap kereta api,” pungkasnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*