KA Bandara Soetta Siap Beroperasi Sampai Stasiun Manggarai, Railink Tebar Tiket Gratis!

Kereta Bandara Soekarno-Hatta - finance.detik.com
Kereta Bandara Soekarno-Hatta - finance.detik.com

Jakarta – Mulai besok, Sabtu (5/10), (KA) Soekarno-Hatta melayani dari dan ke Manggarai, Jakarta Selatan. Perpanjangan rute KA Soetta yang sebelumnya hanya sampai Stasiun BNI City, Dukuh Atas, Jakarta ini dilakukan setelah rampungnya infrastruktur stasiun KA di Stasiun Manggarai.

PT Railink sebagai operator KA Bandara pun memberlakukan gratis pada hari pertama operasional dari Stasiun Manggarai, Sabtu (5/10). Informasi promo ini diumumkan lewat akun Instagram resmi @kabandararailink. Sayangnya promo gratis itu hanya berlaku untuk kuota tertentu. “100 orang pertama gratis naik KA Bandara, bisa turun di BNI City, Duri, Batu Ceper ataupun sampai Bandara Soekarno Hatta,” demikian bunyi promo Railink.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan KA Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Danto Restiawan menjelaskan bahwa stasiun KA Bandara Soetta adalah bagian dari Stasiun Manggarai yang tengah dipersiapkan untuk jadi stasiun sentral bagi seluruh perjalanan kereta api. Meski demikian, pintu masuk ke stasiun KA Bandara akan dipisahkan dengan Kereta Rel Listrik (KRL) dan KA jarak jauh.

“Dengan demikian, para KA Bandara akan lebih nyaman dan leluasa. Pintu masuk Stasiun KA Bandara terletak di sisi barat akses utama di Jalan Dr Saharjo I, samping jembatan kereta menuju arah Pasaraya Manggarai,” beber Danto, seperti dilansir CNN Indonesia.

“KA Bandara juga menjadi alternatif bagi penumpang commuterline yang hendak melanjutkan perjalanan dari Stasiun Manggarai menuju Stasiun BNI City, Stasiun Duri, Stasiun Batu Ceper, dan Stasiun Bandara Soetta,” sambungnya.

KA Bandara Soetta akan berangkat dari Stasiun Manggarai setiap 30 menit sekali mulai pukul 05.10 WIB dan keberangkatan terakhir jam 21.40 WIB. Sedangkan untuk kedatangannya mulai pukul 07.17 WIB dan kedatangan terakhir jam 00.17 WIB. Sementara itu, untuk tiket KA Bandara bisa diperoleh lewat POS dan sejumlah vending machine yang tersedia.

Terkait kesiapan stasiun, pihak Kemenhub pun telah melakukan uji pengoperasian prasarana dan uji yang menyatakan jika Stasiun Manggarai layak beroperasi. “Stasiun ini dibangun dengan mengedepankan kenyamanan penumpang. Untuk menuju ke peron, telah disediakan eskalator dan lift bagi lansia dan difabel, sehingga tidak menyulitkan penumpang apabila membawa barang bawaan yang besar dan berat,” tutup Danto.