Kereta Bandara Soetta Bakal Segera Layani Rute Perjalanan ke Bekasi

Kereta Bandara Soekarno-Hatta - finance.detik.com
Kereta Bandara Soekarno-Hatta - finance.detik.com

Palmerah – PT Railink selaku operator akan menambah dari Bekasi ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. Pihak Railink sendiri telah melakukan uji coba Bandara Soetta rute dari bandara ke Bekasi sejak Rabu (30/5).

Dalam waktu dekat ini kereta rel listrik (KRL) tersebut akan segera beroperasi melayani perjalanan dari Stasiun Bekasi ke Bandara Soetta dan sebaliknya. Prosedur uji coba tersebut sengaja dilakukan untuk memastikan kesiapan teknis dan operasional dari Stasiun Bekasi untuk melayani KA Bandara Soetta.

Menurut Wakil Kepala Stasiun Besar Bekasi, Muhamad Badrus, uji coba tersebut dilakukan dalam 8 perjalanan. “Dari bandara, kereta berangkat pukul 09.22, 10.17, 12.12, dan 13.17. Adapun jadwal keberangkatan dari stasiun Bekasi pukul 10.05, 11.10, 13.13, dan 14.11,” jelas Badrus, seperti dilansir Tangerangnews.

“Dilakukan pada waktu tersebut bertujuan agar tidak mengganggu perjalanan KRL dan kereta jarak jauh. Namun, jika ada penambahan jadwal (KA), kemungkinan akan mengganggu,” sambung Badrus. Waktu perjalanan kereta rute Bandara Soetta-Tangerang-Jakarta-Bekasi diperkirakan sekitar 97 menit. “Sesuai dengan uji coba sekitar 97 menit,” ujarnya.

Sebanyak 2 rangkaian kereta rel listrik (KRL) Bandara Soetta digunakan untuk uji coba yang dioperasikan sebanyak 4 perjalanan dengan 2 kali jalanan pergi-pulang. Rute perjalanan yang dilalui pada saat uji coba adalah dari Stasiun Duri – Stasiun Manggarai – Stasiun Bekasi – Stasiun Tambun.

Dimasukkannya Stasiun Tambun ke dalam uji coba tersebut bukanlah difungsikan sebagai tempat naik turun penumpang, namun hanya menjadi tempat masinis untuk berpindah posisi kabin supaya tidak mengganggu perjalanan KRL yang berhenti dan mengakhiri perjalanan di Stasiun Bekasi.

Pada Stasiun Bekasi pun telah dipasangi gate untuk melakukan tap in dan tap out penumpang KRL Bandara. Posisi gate pun sengaja dirancang terpisah dari gate KRL Commuter Line, yaitu di sebelah barat gate KRL Commuter Line di pintu selatan Stasiun Bekasi.

Berdasarkan informasi dari akun Instagram resmi PT Indonesia (KAI), @keretaapikita, KA Bandara tersebut akan dioperasikan pada bulan Juni 2018 ini. Sayangnya pihak KAI masih belum merinci kapan tanggal pengoperasiannya. “Dengan diberangkatkannya KA Bandara dari Bekasi, akan memberikan kemudahan bagi untuk menghemat waktu perjalanan dari dan menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta,” demikian bunyi pernyataan .

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*