KA Bandara YIA Pasang Tarif Promo Rp0 Sampai 16 September 2021

Supriyanto, Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi (Daops) VI Yogyakarta - rri.co.id
Supriyanto, Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi (Daops) VI Yogyakarta - rri.co.id

– PT Api Indonesia (KAI) telah mengoperasikan KA Yogyakarta International Airport (YIA) sejak tanggal 1 September 2021. PT KAI Daop 6 Yogyakarta sendiri memberlakukan Rp0 untuk masyarakat yang ingin mencoba baik KA Bandara YIA mulai tanggal 1-16 September 2021.

“Pemberlakuan tarif Rp0 berlaku pada periode 1 sampai 16 September 2021 dengan tujuan untuk mengenalkan dan menyosialisasikan kehadiran KA Bandara Internasional Yogyakarta kepada masyarakat,” kata Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Supriyanto, Kamis (2/9), seperti dilansir Timlo.

Supriyanto menjelaskan, walaupun masyarakat bisa menggunakan KA Bandara YIA secara gratis, mereka tetap diwajibkan untuk membeli . Adapun tiket KA Bandara YIA ini bisa diperoleh di -stasiun pemberangkatan, yakni di Stasiun Tugu Yogyakarta, Stasiun Wates, dan Stasiun Bandara YIA mulai 3 jam sebelum keberangkatan.

“Pembelian tiket tetap diwajibkan, karena kapasitas akan dibatasi. Maksimal 50 persen dari kapasitas total sebagai upaya untuk memastikan terpenuhinya aturan jaga jarak untuk mengurangi potensi penularan COVID-19,” jelas Supriyanto. “Syarat untuk naik KA Bandara Internasional Yogyakarta sesuai SE Kemenhub No 58 tahun 2021 adalah diperuntukkan bagi pekerja di Sektor Esensial dan Sektor Kritikal karena termasuk sebagai KA Lokal Perkotaan,” imbuhnya.

Dengan demikian, calon penumpang KA Bandara YIA diwajibkan untuk menunjukkan Surat Tanda Registrasi Pekerja (STRP) atau surat keterangan lain yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah setempat atau surat tugas dari pimpinan perusahaan ketika proses boarding . “Penumpang tidak perlu menunjukkan kartu atau sertifikat vaksinasi dan surat bebas COVID-19 baik dari pemeriksaan rapid test antigen atau swab PCR,” ungkapnya. Walaupun kartu vaksin bukan syarat wajib, namun sewaktu-waktu tetap dapat dilakukan rapid test acak pada penumpang di stasiun.

KA Bandara YIA dioperasikan dalam 8 atau 4 perjalanan pergi pulang (PP). Adapun jadwalnya meliputi, dari Stasiun Yogyakarta, KA Bandara YIA berangkat pukul 05.00 WIB, 07.20 WIB, 10.19 WIB, dan 14.02 WIB, sedangkan dari Bandara YIA diberangkatkan pada jam 10.25 WIB, 11.57 WIB, 14.55 WIB, dan 16.49 WIB.

Nantinya mulai tanggal 17 September 2021, KA Bandara YIA akan menerapkan tarif Rp20 ribu untuk penumpang dari Stasiun Tugu atau Stasiun Wates ke Bandara YIA dan sebaliknya. Sedangkan tarif perjalanan dari Stasiun Tugu Yogyakarta ke Stasiun Wates hanya Rp10 ribu.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*