Oktober Mendatang, Uji Coba Gratis Kereta Cepat Jakarta-Bandung untuk Umum

Kereta Cepat Jakarta-Bandung - (www.kompas.com)
Kereta Cepat Jakarta-Bandung - (www.kompas.com)

/BANDUNG – Masyarakat bisa mengikuti uji coba operasional cepat Jakarta-Bandung secara pada bulan Oktober 2023 mendatang. Hal itu disampaikan Presiden Indonesia, Joko Widodo, ketika mencoba kereta peluru tersebut pada Rabu (13/9) kemarin. Meski demikian, ia menegaskan bahwa nantinya tidak ada tarif subsidi saat kereta ini resmi beroperasi.

“Kita harapkan masyarakat bisa menggunakan kereta cepat ini nanti mulai awal Oktober 2023,” kata Presiden Jokowi, sapaan akrabnya, dilansir dari Antara News. “Uji coba gratis kereta cepat untuk masyarakat ini akan tetap dilakukan sehingga mereka bisa turut merasakan dari Jakarta menuju Bandung dengan waktu tempuh sekitar 50 menit.”

Ia berharap dengan beroperasinya kereta cepat Jakarta-Bandung, masyarakat dapat berpindah mobilitas dari kendaraan pribadi ke massal seperti , , dan Transjakarta. Dengan menggunakan transportasi umum ini, diharapkan polusi dan kemacetan di Jabodetabek serta Kota Bandung dapat berkuran. “Arahnya ke situ karena setiap tahun kita kehilangan lebih dari Rp100 triliun karena macet di Jabodetabek dan Bandung,” sambung Presiden Jokowi.

Meski demikian, mantan Wali Kota Solo itu menggarisbawahi, setelah pelaksanaan uji coba, nantinya tidak akan memberikan subsidi dalam bentuk public service obligation alias PSO atau kewajiban pelayanan publik untuk kereta cepat Jakarta-Bandung. Keputusan tersebut sudah melalui berbagai pertimbangan dan kalkulasi yang dilakukan secara matang.

“Jadi, uji coba kereta cepat Jakarta-Bandung secara gratis untuk masyarakat umum akan tetap dilakukan agar semua orang merasakan dulu (naik kereta ini),” imbuh Presiden Jokowi. “Orang pasti mencoba dulu, baru menentukan sikap. Rasakan dulu 350 km per jam seperti apa, dari Halim sampai ke Padalarang tadi 25 menit. Jadi, tetap (ada uji coba gratis) biar masyarakat mencoba.”

Seperti diketahui, kemarin orang nomor satu di Indonesia tersebut melakukan uji coba kereta cepat Jakarta-Bandung. Ia tiba di Halim, Cawang pada pukul 08.50 WIB mengenakan kemeja putih dan celana bahan berwarna hitam. Berangkat sekitar pukul 09.00 WIB, rombongan tiba di Stasiun Padalarang pada pukul 09.26 WIB dan kemudian melanjutkan perjalanan ke Stasiun Bandung menggunakan kereta feeder.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*