Kereta Ekonomi AC Bandung Bogor akan Beroperasi Akhir Tahun 2013

JAKARTA – Pada akhir tahun 2013 jurusan akan segera dioperasikan. Kereta api jurusan Bogor adalah kereta pengganti Kereta Rel Diesel (KRD) Bumi Geulis yang telah lama tidak dioperasikan.

Kereta ini akan melayani jalur selatan. Sukendar Mulya, Humas Daop I Jakarta mengungkapkan bahwa jalur lintas Bandung – Sukabumi telah lama ada.

“Jalur tersebut telah lama ada sejak zaman Belanda,” ujarnya kepada Republika.

Jalur ini akan melewati pengunungan karena daerah-daerah tinggi ada di Bogor, Sukabumi dan Bandung. Kereta api yang digunakan nantinya bukan kereta api yang ada sekarang namun kereta api baru.

“Kereta api yang digunakan adalah AC”, ujarnya.

Sukendar saat ditanya soal Kereta Api Argo Parahyangan mengungkapkan bahwa kereta tersebut tetap beroperasi. Namun lintasan yang digunakan kereta baru dengan kereta Argo Parahyangan berbeda. Lintasan yang beda ini dimaksudkan agar dapat merasakan pemandangan baru dan berbeda.

Kereta yang digunakan untuk kereta baru jurusan Bandung Bogor ini merupakan jenis lokomotif CC 201. Lokomotif ini merupakan lokomotif bertenaga diesel eletrik buatan General Electric. PT KAI saat ini tengah melakukan monitoring dan inspeksi lintasan agar lokomotif CC 201 dapat melintas.

Lokomotif CC 201 ini memiliki berat 50 ton yaitu dua kali lipat lebih berat dari KRL Jabodetabek.

Kereta api ini akan melintasi dari Stasiun Bogor, Batu Tulis, Ciomas, Maseng, Cigombong, Cicurug, Cijambe, Parung Kuda, Cibadak, Karang Tengah, Pondok Leungsir, Cisaat, Sukabumi, hingga Bandung. “Stasiun-stasiun kecil juga akan kita renovasi,’’ ujar Sukendar.

 

Tentang Mirza Pratiwi 347 Articles
Kontributor berita, berasal dari Madiun: pusat pengembangan industri kereta api di Indonesia. Saat ini sedang menyelesaikan studi Teknologi Informasi di Universitas Negeri Malang. Penulis yakin bahwa masalah transportasi di Indonesia akan lebih baik jika difokuskan pada pembangunan sistem transportasi masal.