Kereta Ekonomi Premium Siap Layani Rute Tanjungkarang-Baturaja

Kereta Ekonomi - www.tribunnews.com
Kereta Ekonomi - www.tribunnews.com

Bandar Lampung – PT Indonesia (KAI) Divre IV Tanjungkarang berencana untuk mengoperasikan premium yang melayani Stasiun Tanjungkarang – Stasiun Baturaja pergi pulang (PP) dalam waktu dekat.

“Kami masih menunggu penyelesaian pembangunan rel ganda yang dibangun antara Stasiun Baturaja dan Prabumulih, Sumatera Selatan. Rel ganda ini diperkirakan akan selesai pada bulan Mei 2018. Setelah selesai baru dioperasikan KA ekonomi premium ini,” ujar Manager Humas (KAI) Divisi Regional IV, Tanjungkarang, Lampung, Franoto Wibowo di Bandarlampung, Jumat (20/4), seperti dilansir Lampungpro.

Lebih lanjut Franoto mengungkapkan bahwa KA ekonomi premium sebelumnya telah diujicoba untuk perjalanan dari Stasiun Tanjung Karang ke Stasiun Kotabumi. Kereta tersebut kelak juga akan dijalankan untuk melayani masa 2018 guna melengkapi kereta api yang telah ada, yaitu KA Sriwijaya dan KA ekonomi Rajabasa.

“KA ekonomi premium ini kan terdiri dari 10 dan satu kereta makan pembangkit. Fasilitas di KA ekonomi premium jauh lebih baik dibandingkan dengan KA ekonomi lainnya. Jadi saya rasa siap untuk angkutan Lebaran,” papar Franoto.

Dari sepuluh gerbong KA ekonomi premium tersebut meliputi 8 gerbong yang mampu mengangkut penampung sebanyak 80 orang, kemudian 2 gerbong dapat mengangkut kapasitas 64 orang. KA ekonomi premium yang akan segera beroperasi ini menawarkan fasilitas pendingin udara alias AC dan beberapa TV layar datar. “Terdapat tiga televisi layar datar tiap gerbongnya. Selain itu, di KA ekonomi premium tersebut juga terdapat tempat duduk khusus bagi penyandang disabilitas,” beber Franoto.

Meski dijadwalkan segera beroperasi, pihak Divre IV masih belum memutuskan berapa besaran harga tiket KA ekonomi premium rute Tanjungkarang-Baturaja. “Nanti saat mendekati pengoperasian harga tiket baru diumumkan,” ujar Franoto.

Di sisi lain, warga Bandarlampung juga sudah tak sabar menanti KA ekonomi premium rute Tanjungkarang-Baturaja untuk segera beroperasi. “Saya berharap kereta api premium dapat segera dioperasikan untuk melayani penumpang terutama untuk angkutan Lebaran mendatang,” ujar salah satu warga bernama Agung.

Agung juga berharap harga tiket KA terbaru ini tidak terlalu mahal. “Untuk harga tiket jangan terlalu mahal atau tidak beda jauh dengan tiket Kereta ekonomi Rajabasa rute Tanjungkarang, Bandarlampung-Stasiun KA Kertapati, yakni Rp 32.000 per orang,” tutupnya.