Awal November, 3 Kereta Eksekutif Berhenti di Stasiun Ciamis

Endang Sutrisna
Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Ciamis, Endang Sutrisna - www.radartasikmalaya.com

CIAMIS – Setelah hanya kelas ekonomi yang menaikkan dan menurunkan , sebentar lagi Ciamis juga akan menjadi pemberhentian beberapa api kelas . Pada tanggal 1 November 2019 mendatang, setidaknya tiga KA direncanakan mulai melayani penumpang dari tersebut.

Dilansir dari Harapan Rakyat, tiga kereta api kelas eksekutif tersebut adalah KA Mutiara Selatan, KA Lodaya, dan KA Malabar. Adanya pemberangkatan kereta api eksekutif dari Stasiun Ciamis ini merupakan buah dari hasil pembicaraan antara Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya, dengan pihak () beberapa waktu lalu.

“Selama ini, tidak ada satupun kereta api eksekutif yang berhenti di Stasiun Ciamis. Masyarakat Ciamis jika ingin menggunakan kereta api eksekutif, harus naik dari Stasiun Tasikmalaya atau Stasiun Banjar,” jelas Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Ciamis, Endang Sutrisna. “Jadi, Pak Bupati mengajukan permohonan agar Stasiun Ciamis ditingkatkan seperti di Tasikmalaya dan Banjar.”

Ditambahkan Endang, sebenarnya Bupati Ciamis menginginkan seluruh kereta api eksekutif berhenti di Stasiun Ciamis. Namun, PT KAI baru mengabulkan tiga kereta api eksekutif pada bulan November ini yang bisa melayani penumpang dari Stasiun Ciamis. “Jadi, PT KAI mengabulkan secara bertahap. Sekarang tiga kereta api dulu. Mungkin ke depan seluruh KA eksekutif bisa melayani penumpang dari Stasiun Ciamis,” sambung Endang.

“PT KAI akan menganggarkan secara bertahap untuk pembenahan di dalam Stasiun Ciamis atau tanpa harus menerima bantuan anggaran dari Pemkab Ciamis,” imbuhnya. “Hasil pembicaraan terakhir dengan PT KAI, akhirnya kami hanya diminta untuk melengkapi umum yang berada di luar stasiun, seperti menambah penerangan jalan, membuat halte untuk penumpang angkot, dan beberapa lainnya.”

Dinas Perhubungan setempat sendiri sudah mulai membuka baru untuk angkutan umum konvensional menuju Stasiun Ciamis. Pengalihan angkutan umum ke Stasiun Ciamis memang sudah direncanakan agar angkutan umum yang melewati Jalan Pemuda dialihkan ke Jalan Stasiun. “Pengalihan tersebut untuk persiapan turun-naik penumpang dari kereta api yang direncanakan semua jurusan akan berhenti di Stasiun Ciamis,” pungkas Endang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*