Stasiun Ciamis Kini Resmi Layani 5 Kereta Eksekutif

Bupati Ciamis uji coba kereta api eksekutif dari Stasiun Ciamis
Bupati Ciamis melakukan uji coba kereta api eksekutif dari Stasiun Ciamis - ciamiskab.go.id

Mulai awal November 2019 ini, tiga kelas yang sebelumnya hanya melintas, yakni KA Lodaya Pagi, KA Lodaya Malam, dan KA Malabar, melayani pemberangkatan dari Ciamis. Dengan demikian, sekarang ada lima kereta api eksekutif yang berhenti di tersebut, selain KA Mutiara Selatan dan KA Pasundan.

Untuk menunjukkan ekspresi kegembiraannya, Bupati CIamis, Herdiat Sunarta, Wakil Bupati Ciamis, Yana D, Putra, dan sejumlah pejabat serta PNS Pemerintah Kabupaten Ciamis pun bersama-sama pergi ke menggunakan KA Lodaya Pagi pada Jumat (8/11) kemarin. Menurut Herdiat, sebagai bentuk rasa syukur, para PNS ini dengan sukarela bersama-sama melakukan travel ke .

“Ini merupakan syukuran dan ucapan terima kasih atas nama warga Ciamis kepada (PT ) karena kereta api eksekutif mau berhenti di Stasiun Ciamis. Ini merupakan sejarah, masuk dalam catatan pertama kereta kelas eksekutif berhenti di Stasiun Ciamis,” tutur Herdiat. “Selama ini, banyak warga Ciamis yang mau ke Yogyakarta maupun kota besar lainnya, harus naik dari stasiun Tasikmalaya atau Kota Banjar. Kami berharap kehadiran kereta api ini juga mampu membawa dampak positif bagi perekonomian Ciamis.”

Herdiat berharap, semakin banyaknya kereta api yang berhenti di Stasiun Ciamis bisa mendongkrak laju pertumbuhan ekonomi di Tatar Galuh Ciamis. Ia melanjutkan, rencananya ada lagi tambahan di bulan Desember nanti, yakni KA Pangandaran dari Banjar ke Jakarta akan berhenti di Stasiun Ciamis. “Mudah-mudahan ke depan semakin banyak kereta api yang berhenti di Ciamis,” sambung Herdiat.

Dinas Perhubungan setempat sendiri sudah mulai membuka jalur baru untuk angkutan umum konvensional menuju Stasiun Ciamis. Pengalihan angkutan umum ke Stasiun Ciamis memang sudah direncanakan agar angkutan umum yang melewati Jalan Pemuda dialihkan ke Jalan Stasiun. “Pengalihan jalur tersebut untuk persiapan turun-naik penumpang dari kereta api,” jelas Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Ciamis, Endang Sutrisna.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*