Kereta Jurusan Purwokerto – Bandung Mulai Beroperasi 1 September 2013

Jurusan Bandung mulai dibuka oleh Daop V . Kereta jurusan Bandung ini mulai dioperasikan Minggu, 1 September 2013.

“Kereta yang digunakan yakni kereta Ekonomi Serayu, Purwokerto-Bandung dan dilanjutkan ke ,” ujar Surono, Manajer Humas Daop V Purwokerto.

Pihaknya menjelaskan ekonomi jurusan Jakarta yang melalui lintas selatan pada awalnya diberangkatkan dari Kroya. Pemberangkatan ini dilakukan dua kali dalam sehari. Kereta tersebut adalah kereta Serayu Pagi. keberangkatan pagi 07.10 WIB dan malam 17.10.

Kereta Serayu Pagi dari stasiun Purwokerto berangkat pukul 06.30 WIB setelah kereta Logawa jurusan Purwokerto – Jember berangkat. Dan kereta ini akan sampai di Kiaracondong (Bandung) pukul 13.16 WIB.

Kereta Serayu Malam dari stasiun Purwokerto berangkat pukul 16.30 WIB. Lalu kereta ini akan sampai Kiaaracondong (Bandung) pukul 23.48 WIB.

Sedangkan jadwal keberangkatan dari stasiun Kroya hingga Jakarta lintas selatan tidak mengalami perubahan.

Kereta tersebut selain berhenti di stasiun Kiaracondong juga berhenti di stasiun Padalarang.

Sebaliknya kereta jurusan Purwokerto Bandung yang berangkat dari Kiaracondong menuju Purwokerto dijadwalkan berangkat pukul 12.05 untuk pagi dan pukul 00.05 untuk malam. Lalu akan tiba di kota Purwokerto pada pukul 19.11 WIB untuk kereta pagi dan pukul 06.42 untuk kereta malam.

“Waktu tempuh dari Purwokerto sampai Bandung untuk Serayu ini rata- rata hanya sekitar 6,5 jam,” katanya.

 

Tentang Mirza Pratiwi 347 Articles
Kontributor berita, berasal dari Madiun: pusat pengembangan industri kereta api di Indonesia. Saat ini sedang menyelesaikan studi Teknologi Informasi di Universitas Negeri Malang. Penulis yakin bahwa masalah transportasi di Indonesia akan lebih baik jika difokuskan pada pembangunan sistem transportasi masal.