Kereta Listrik Lebih Didukung BPPT Dibanding Mobil Listrik

JAKARTA – Badan Pengkajian dan Penerepan Teknologi (BPPT) menyampaikan himbauannya terhadap agar lebih mendorong adanya dibandingkan dengan mobil listtrik. Pernyataan BPPT ini disebabkan karena saat ini masih berupa prototype yang belum dapat diproduksi secara massal. Dengan adanya hal ini dirasa lebih realistik dibandingkan dengan mobil listrik.

“Kenapa bukan yang diesel-diesel didorong pakai listrik,” ujar Unggul Priyanto, Deputi teknologi energi dan mineral BPPT.

Hingga saat ini mobil listrik masih berupa prototype sehingga belum ada yang berani untuk memproduksi mobil ini secara massal.

“Kalau mobil listrik, itu harus memikirkan dulu listriknya, disimpan di baterai, aman enggak,” ungkapnya lagi.

Unggul mengukapkan bahwa saat ini hanya sedikit negara – negara yang masih menggunakan diesel sebagai penarik kereta mereka. Beberapa negara maju sekalipun telah menggunakan kereta listrik untuk kereta mereka.

“Ini hanya beberapa negara aja yang masih diesel, apalagi untuk kereta bandara,” ujarnya.

Pelaksaan Asis=a-Pasific Economic Coorperation (APEC) 2013 akan diadakan di Nusa Dua Bali. Nantiya acara ini akan digunakan pemerintah untuk mempromosikan mobl listrik buatan .

Hatta Rajasa, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian menjelaskan bahwa penggunaan mobil listrik saat ini untuk mendukung adanya program City Car yang ramah lingkungan.

Untuk itu maka pihaknya mempromosikan hal ini di acara APEC nantinya.

Tentang Mirza Pratiwi 347 Articles
Kontributor berita, berasal dari Madiun: pusat pengembangan industri kereta api di Indonesia. Saat ini sedang menyelesaikan studi Teknologi Informasi di Universitas Negeri Malang. Penulis yakin bahwa masalah transportasi di Indonesia akan lebih baik jika difokuskan pada pembangunan sistem transportasi masal.