Kereta Listrik Tambahan dari Jepang Tertunda Lagi

JAKARTA – Rangkaian kereta listrik tambahan dari ke Indonesia tertunda kembali. Sudah dua kali kereta listrik tambahan ini tertunda datang. Sebelumnya rencanya kereta listrik itu akan datang akhir bulan September lalu.

Eva Chairunnisa, Juru Bicara Commuter Jabodetabek (KCJ) menjelaskan bahwa penundaan kedatangan kereta ini terjadi karena kereta yang akan dikirm ke Indonesia masih digunakan di negara asalnya.

“Di sana keretanya masih beroperasi,” ujar dia.

Maklum karena kereta yang dibeli oleh PT KAI merupakan kereta bekas.

ilustrasi
ilustrasi kereta listrik tambahan

Pihak PT KCJ mengungkapkan bahawa saat ini Jepang masih menggunakan kereta tersebut karena kedatangan kereta pengganti di Jepang tersebut mundur.

Dari penjadwalan ulang direncanakan 20 kereta bekas akan didatangkan pada akhir Oktober. Pada bulan berikutnya, November 20 unit lainnya juga didatangkan menyusul.

Eva belum dapat memastikan kereta listrik tambahan tesebut akan ditempatkan dimana.

Akan dirapatkan dulu.Yang jelas, kereta bakal melayani jalur padat, seperti Serpong, Bogor, dan Bekasi,” jelasnya kepada Tempo.

Kereta listrik tambahan ini nantinya akan mengakomodasi para lokal yang akan mengalami pembatasan jumlah .

“Dengan adanya tambahan , mereka bisa ikut naik.”

Tentang Mirza Pratiwi 347 Articles
Kontributor berita, berasal dari Madiun: pusat pengembangan industri kereta api di Indonesia. Saat ini sedang menyelesaikan studi Teknologi Informasi di Universitas Negeri Malang. Penulis yakin bahwa masalah transportasi di Indonesia akan lebih baik jika difokuskan pada pembangunan sistem transportasi masal.