Kereta Mudik Motor Gratis Disiapkan PT KAI

Jakarta – Mudik Lebaran tahun 2013 ini, PT Indonesia siapkan kereta mudik . Kereta mudik ini dikhususkan untuk mengangkut sepeda . Terdapat 2 rangkaian kereta mudik . Jurusan yang ditempuh kereta mudik ini adalah Jakarta – Semarang dan Jakarta – .

“Delapan gerbong untuk rangkaian kereta api jalur selatan Jawa, dan tujuh gerbong untuk rangkaian kereta api jalur utara,” jelas Sugeng Priyono, Humas Pusat kepada Kompas.

Setiap gerbong kereta dapat menampung sekitar 50 unit motor. Sehingga untuk jalur utara dapat mengangkut 350 motor setiap harinya. Sedangkan jalur selatan sebnyak 400 motor stiap harinya.

Kereta mudik motor ini merupakan bagian dari public service obligation (PSO) yang ditutunkan oleh Kementrian Perhubungan.

Lebaran ini merupakan public service obligation (PSO) dari Kementerian Perhubungan,”ungkapnya.

PSO yang diturunkan oleh Kementrian Perhubungan untuk moda kereta api sekitar Rp 700 miliar. Pelayanan kereta mudik motor ini bukan hanya untuk kereta api tetapi juga untuk bus maupun pesawat. Pelayanan ini diberikan secara gratis. Cukup mendaftarkan motor yang akan diangkut.

Hingga saat ini sudah sebanyak 70 unit motor yang telah mendaftar ke Kemenhub. Rangkaian kereta mudik motor ini akan mulai diberangkatkan dari tanggal 3 – 15 Agustus 2013.

“Untuk finalisasi teknisnya masih kita bahas dengan Kemenhub,”jelas Sugeng.

 

Tentang Mirza Pratiwi 347 Articles
Kontributor berita, berasal dari Madiun: pusat pengembangan industri kereta api di Indonesia. Saat ini sedang menyelesaikan studi Teknologi Informasi di Universitas Negeri Malang. Penulis yakin bahwa masalah transportasi di Indonesia akan lebih baik jika difokuskan pada pembangunan sistem transportasi masal.