Kereta Rute Medan-Belawan Siap Beroperasi, Usulan Harga Tiket Mulai Rp 7.000

Anggota DPD RI Parlindungan Purba bersama Manager Humas Divre I SU M Ilud Siregar saat meninjau di stasiun besar Kereta Api Medan - medan.tribunnews.com
Anggota DPD RI Parlindungan Purba bersama Manager Humas Divre I SU M Ilud Siregar saat meninjau di stasiun besar Kereta Api Medan - medan.tribunnews.com

Medan – PT Indonesia (KAI akan kembali mengaktifkan Medan-Belawan. Reaktivasi jalur kereta dengan jarak sejauh 21 km tersebut dilakukan guna mendukung dan juga permintaan masyarakat yang menghendaki pengoperasian kereta api relasi Medan-Belawan.

Menurut Manager Angkutan Penumpang Sigit Indarto, kereta penumpang relasi Medan-Belawan direncanakan akan berangkat dari Medan dengan jadwal pada pukul 06.10 WIB dan tiba di Belawan jam 06.59 WIB. Kemudian berangkat lagi dari Belawan pukul 07.15 WIB dan sampai di Medan jam 08.04 WIB. “Rencananya rangkaian yang digunakan dua kereta ekonomi dengan kapasitas penumpang kurang lebih 212 orang,” jelas Sigit, Selasa (22/1), seperti dilansir Tribunnews.

Berdasar hasil survei yang dilakukan terhadap masyarakat, 100% masyarakat setuju bila KA penumpang rute Medan-Belawan kembali beroperasi. Hasil survei juga menyebutkan bahwa usulan pembiayaan subsidi pemerintah berkisar antara Rp 7.000 sampai Rp 12.000.

“Rencana usulan sekali PP, usulan tarif antara Rp 7.000 hingga Rp 12.000. Saat kita lakukan survey, ternyata banyak masyarakat yang setuju jika tarifnya Rp 7.000. Memang tidak jauh berbeda dengan Medan-Binjai. Jarak tempuhnya Medan-Belawan memakan waktu setengah jam,” papar Sigit.

Manager Humas Divre I Sumatera Utara M Ilud Siregar menuturkan jika saat ini gerbong kereta api yang dipakai adalah gerbong ekonomi yang fasilitasnya sama seperti gerbong kereta relasi Medan-Binjai. Berdasar penjelasan rencana pengoperasian, gerbong-gerbong itu sudah dilengkapi fasilitas AC. “Untuk kesiapan prasarana jalur KA penumpang relasi Medan-Belawan menggunakan jalur yang ada saat ini yang digunakan untuk perjalanan kereta api angkutan barang,” ucap Ilud.

(KAI) akan segera mengoperasikan kereta relasi Medan-Binjai tersebut. Akan tetapi usulan pengoperasian kereta penumpang rute Medan-Belawan masih menanti persetujuan dari Kementerian Perhubungan Dirjen Perkeretaapian dan Kantor Pusat .

Sebelumnya, kereta rute Medan-Belawan direncanakan beroperasi pada (9/1) lalu. Namun tampaknya rencana tersebut diundur. Pada tahap awal kabarnya layanan kereta Medan-Belawan ini akan beroperasi 1 kali sepekan atau ketika kapal penumpang Kelud dari Pelabuhan Tanjung Priok tiba di Belawan.

“Kalau 30 persen saja dari total penumpang Kelud bisa diangkut KAI, maka kursi kereta api yang disediakan KAI sebanyak 530 tempat duduk bisa terisi penuh. Yang pasti angkutan penumpang kereta api jalur Medan-Belawan-Medan itu untuk meningkatkan konektivitas transportasi di Sumut,” kata Vice President KAI Divre Sumut, Aslikan.