KA Sancaka & Mutiara Timur Angkut Penumpang Khusus di Akhir Pekan, Intip Jadwalnya!

Supriyanto, Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi (Daops) VI Yogyakarta - rri.co.id
Supriyanto, Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi (Daops) VI Yogyakarta - rri.co.id

Yogyakarta – PT Api Indonesia (KAI) Daop 6 Yogyakarta kembali mengoperasikan beberapa KA yang diminati oleh masyarakat, di antaranya KA Sancaka dan KA Mutiara Timur. Pemberlakuan protokol yang ketat pada moda kereta api menjadi masyarakat semakin yakin untuk naik kereta api.

Menurut Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta Supriyanto, pengaktifan kembali kereta api tersebut dilakukan untuk memenuhi permintaan masyarakat. “Memenuhi permintaan pelanggan, beberapa KA dari Daop 6 Yogyakarta kembali dijalankan pada hari-hari tertentu,” kata Supriyanto, Jumat (19/3), seperti dilansir Harianjogja.

Sebagai informasi, KA Sancaka relasi Yogyakarta- Gubeng pergi pulang (PP) dioperasikan pada tanggal 19, 20, 21, 26, 27, 28 Maret 2021. Sedangkan KA Mutiara Timur relasi Yogyakarta-Surabaya Gubeng-Ketapang beroperasi pada tanggal 19, 20, 21 Maret 2021.

Pihak KAI masih menerapkan penjualan kereta api maksimal 70% dari kapasitas tempat duduk yang tersedia. “Selain itu, setiap individu yang melaksanakan dengan kereta api, tetap wajib menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan yaitu memakai , jaga jarak, mencuci tangan,” imbuh Supriyanto.

Secara umum, seluruh kereta api harus dalam kondisi sehat, mempunyai suhu tubuh maksimal 37,3 derajat celsius dan diimbau menggunakan pakaian lengan panjang/jaket. Sesuai dengan SE Kemenhub Nomor 20/2021, pelanggan kereta api jarak jauh juga wajib menunjukkan surat keterangan negatif GeNose C19 atau rapid test antigen atau RT-PCR sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

PT KAI Daop 6 Yogyakarta pun telah menyiapkan lokasi pemeriksaan rapid test antigen khusus penumpang KA jarak jauh di beberapa titik, seperti Jogja, Lempuyangan, Klaten, dan Solo Balapan dengan Rp105.000. Pemeriksaan GeNose disediakan di Stasiun Yogyakarta serta Solobalapan dengan jadwal operasional mulai pukul 07.00 – 19.00 WIB. Mulai Sabtu (20/3), pemeriksaan GeNose bertambah di Stasiun Lempuyangan dengan biaya pemeriksaan GeNose C19 sebesar Rp30.000.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*