Kereta Tambahan di Stasiun Gambir untuk Para Pemudik

Jakarta – Mulai hari ini Minggu, 11 Agustus 2013, 10 dioperasikan di Gambir. 10 kereta tambahan ini dioperasikan untuk mengangkut para pemudik yang belum sempat ke kampung halaman pada atau Idul Fitri kemarin.

“Pada tanggal 11 Agustus nanti akan ada 26 perjalanan kereta dari stasiun ini,”jelas Vicka Diana, Petugas Posko Humas Stasiun Gambir kepada Tempo.

Kereta tambahan ini akan beroperasi selama 4 hingga 5 hari kedepan sejak hari ini. Kereta tambahan ini melayani rute Jakarta – Solo, Jakarta – Yogyakarta, Jakarta Cirebon, Jakarta – Surabaya dan beberaa kota di Jawa Tengah dan Jawa Barat.

Kereta yang dioperasikan ini akan diberi nama dibelakangnya menggunakan tambahan nama ‘Lebaran’ atau ‘Tambahan’.

“Di belakang nama kereta akan ada tambahan titel, ‘lebaran’ atau ‘tambahan’,”jelasnya lagi.

Pada tanggal 10 Agustus merupakan hari puncak lonjakan . Dibanding hari – hari sebelumnya, pada hari tersebut sebanyak 14.620 telah diberangkatkan, sedangkan pada hari sebelumnya yaitu tanggal 9 Agustus 2013 sebanyak 13.444 telah menggunakan jasa untuk mudik.

Data yang didapatkan dari PT KAI, pemudik dengan menggunakan kereta api pada tahun ini melonjak pada hari kedua lebaran, sebanyak 39.475 penumpang.

“Itu akumulatif dari seluruh stasiun di DAOP I Jakarta,” ujar Vicka.

Pada tahun lalu lonjakan penumpang terjadi pada H-1 lebaran, sebanyak 28.449 penumpang.

 

Tentang Mirza Pratiwi 347 Articles
Kontributor berita, berasal dari Madiun: pusat pengembangan industri kereta api di Indonesia. Saat ini sedang menyelesaikan studi Teknologi Informasi di Universitas Negeri Malang. Penulis yakin bahwa masalah transportasi di Indonesia akan lebih baik jika difokuskan pada pembangunan sistem transportasi masal.