Kereta Tergelincir di Santiago, Spanyol

suasana kecelakaan kereta tergilincir Spanyol2
kereta
sumber : Reuters

Madrid – Rabu, 26 Juli 2013 malam terjadi di Spanyol. Kereta tergelincir di daerah pinggirang Spayol Utara Santiago dde Compostela. Kecelakaan kereta tergelincir ini adalah kecelakaan terburuk yang pernah terjadi di negara ini. Akibat dari kecelakaan ini dilaporkan 60 orang tewas dan 100 orang lainnya mengalami luka – luka. Jumlah korban ini masih bisa bertambah karena masih ada beberapa korban yang belum diidentifikasi. Penyebab kecelakaan ini masih belum dapat diketahui.

“Angkanya masih sementara namun dilaporkan ada 60 korban tewas. Sebanyak 111 orang mengalami luka-luka telah berhasil diidentifikasi dan sekitar 15-20 orang lainnya belum bisa diidentifikasi,”ungkap juru bicara pemerintah setempat kepada AFP, Kamis, 26 Juli 2013.

Kereta tergelincir saat malam festival Kristen utama kota kuno diadakan. Banyak peziarah berjalan – jalan dijalanan.

suasana kecelakaan kereta tergilincir Spanyol
kereta tergelincir
sumber : Reuters

Dalam kecelakaan ini terdapat 4 yan terbalik. Terlihat banyak asap mengepul dari dalam . Banyak yang tergencet akibat kereta tergilincir.

Kereta tergelicincir ini awalnya berjalan dari Madrid menuju Ferrrol. Tetapi saat kereta akan masuk Santiago de Compostela kereta tergelincir. Kereta ini membawa 218 penumpang dengan 4 orang staf kereta.

Seorang saksi mati mengatakan bahwa gerbong tersebut berbalik beberapa kali sebelum akhirnya saling menumpuk.

TVE, televisi setempat mengira bahwa kereta tersebut tergelincir saat melaju dalam kecepatan tinggi. Akibatnya dampaknya sangat parah.

Tetap Renfe, juru bicara perkeretaapian setempat belum dapat memastikan penyebab kecelakaan ini. Dia mengatakan perlu diadakan investigasi. Dengan mengadakan analisi pada kotak hitam kereta yang tergelincir tersebut.

Saksi lain juga mengatakan bahwa dia mendengar ledakan sebelum akhirnya kereta tergelincir. Petugas hingga saat ini masih memberikan pertolongan kepada korban kereta tergelincir ini.

Tentang Mirza Pratiwi 347 Articles
Kontributor berita, berasal dari Madiun: pusat pengembangan industri kereta api di Indonesia. Saat ini sedang menyelesaikan studi Teknologi Informasi di Universitas Negeri Malang. Penulis yakin bahwa masalah transportasi di Indonesia akan lebih baik jika difokuskan pada pembangunan sistem transportasi masal.