Keunggulan Kereta Monorel yang Diimport dari China

JAKARTA – Salah satu transporatsi massal yang baru mulai dibangun di Jakarta yaitu dan akan mulai beroperasi pada tahun 2016 ini menggunakan kereta buatan perusahaan yaitu CNR Corporate Limited. Banyak dari kereta milik ini.

Selama tiga tahun kedepan sebanyak 200 kereta monorel buatan China akan didatangkan secara bertahap ke Indonesia. CNR sendiri merupakan BUMN produsen kereta dan manufaktur asal China yang sudah teruji.

Edwar Soeryadjaya, Komisaris Utama PT Jakarta Monorail memastikan bahwa kereta buatan CNR ini sudah teruji secara sistem dan juga penggunaan. Kereta yang akan diimpor ke Indonesia merupakan kereta yang sama dan dioperasikan di daerah Conching (China).

“Ini sistemnya sudah terbukti. Di mana telah membawa 1 juta orang dalam kereta di Conching, China,”  ungkap Edward.

Keunggulan lainnnya kereta ini sangat sedikit sekali mengalami kesalahan baik keamanan dan waktu. Hal ini pun telah terbukti di China.

“Jadi sangat sedikit kesalahan. Sangat aman dan tepat waktu,” ujarnya.

Kereta ini tidak mengeluarkan suara yang mengganggu lain, tidak mengeluarkan asap dan juga bebas banjir ini merupakan keunggulan lainnya.

“Dari sisi suara, itu sedikit banget. Relatif nggak mengeluarkan asap jadi nggak ada polusi dan ramah lingkungan dan bebas banjir pasti, karena posisinya di atas jalan,” jelas Edward.

Transportasi ini juga merupakan transportasi jangka panjang sehingga kualitas yang diberikan bukan kualitas rendah.

Tentang Mirza Pratiwi 347 Articles
Kontributor berita, berasal dari Madiun: pusat pengembangan industri kereta api di Indonesia. Saat ini sedang menyelesaikan studi Teknologi Informasi di Universitas Negeri Malang. Penulis yakin bahwa masalah transportasi di Indonesia akan lebih baik jika difokuskan pada pembangunan sistem transportasi masal.