KMT Lama Hangus 21 Juli, Pengguna KRL Lekas Tukar di Stasiun

Eva Chairunisa, VP Komunikasi Perusahaan PT KCI - kabartangsel.com
Eva Chairunisa, VP Komunikasi Perusahaan PT KCI - kabartangsel.com

penting bagi Anda yang sering bepergian menggunakan (KRL). Pasalnya, PT Kereta Commuter Indonesia (PT KCI) melakukan pembaruan elektronik KRL untuk Kartu Multi Trip (KMT). Perusahaan mengimbau agar pengguna KMT edisi awal untuk segera menukarkan kartu mereka dengan KMT terbaru sebelum tanggal 21 Juli 2018 jika tidak ingin kartunya hangus.

“Pengguna KRL dapat melihat nomor seri KMT di bagian belakang kartu. Jika empat angka pertama KMT bernomor 1001, maka diimbau untuk segera menukarkan dengan edisi terbaru,” jelas VP Komunikasi Perusahaan PT KCI, Eva Chairunisa. “Sementara, pemilik KMT dengan nomor seri empat angka pertama selain 1001, tidak perlu menukarkan kartu miliknya.”

Ia menjelaskan, penukaran kartu ini dapat dilakukan di seluruh yang melayani KRL dengan membawa KMT tersebut ke petugas loket yang bekerja. Nantinya, petugas loket akan memeriksa status kartu dan akan mengganti baru apabila memenuhi persyaratan yang ditentukan, yaitu KMT harus terbaca oleh sistem tiket elektronik KRL dan tidak ada transaksi yang belum tuntas di sistem.

“Apabila kedua syarat tersebut terpenuhi, petugas akan memindahkan saldo di KMT lama ke KMT yang baru. Kartu baru garansi 30 hari sejak penukaran,” sambung Eva. “Penukaran kartu lama penting dilakukan untuk pembaruan sistem elektronik KRL Jabodetabek dan pengembangan fungsi KMT di masa depan.”

Nantinya, mulai tanggal 21 Juli 2018, KMT dengan empat nomor seri depan 1001 tidak dapat melakukan tap in maupun tap out di seluruh lokasi stasiun. Untuk itu, PT KCI mengimbau kembali kepada seluruh pengguna KMT bernomor seri 1001 untuk segera memanfaatkan program penukaran ini karena tenggat waktu yang semakin dekat. “Program penukaran ini tidak dikenakan biaya apa pun alias gratis,” pungkas Eva.