Komoditas Perikanan KKP Didistribusikan dengan Kereta Api

Kereta Api Logistik - kalogpalembang.blogspot.com
Kereta Api Logistik - kalogpalembang.blogspot.com

Jakarta – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menandatangani perjanjian kerja sama atau MoU dengan PT untuk mendistribusikan hasil perikanan dari Tanjung Perak Surabaya ke berbagai sampai Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta.

Penandatanganan perjanjian kerja sama (PKS) dilakukan Sekjen KKP Antam Novambar dan Dirut PT Kereta Api Logistik TLN Ahmad Malik Syah di Stasiun Kalimas Surabaya pada Rabu (12/10). “Sifat hasil perikanan yang mudah rusak dan turun mutunya bila tidak ditangani dengan baik membutuhkan kinerja logistik dan rantai dingin yang handal, sehingga KKP mempercayakannya kepada PT Kereta Api Logistik,” ujar Sekretaris Jenderal KKP Antam Novambar, Rabu (12/10), seperti dilansir dari Antara.

KKP melaporkan, sepanjang tahun 2021, lalu lintas hasil perikanan dari wilayah Indonesia Timur menggunakan kapal laut masuk melalui Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya jumlahnya mencapai 109,46 ribu ton. Sebanyak 78,58 ribu ton di antaranya untuk konsumsi, dengan komoditas utama berupa ikan layang, udang, tuna, dan ikan lain. Sedangkan sejumlah 30,88 ribu ton untuk non-konsumsi, dengan komoditas utama rumput laut dan kulit kerang mutiara.

Kebanyakan komoditas perikanan adalah hasil tangkapan dari Timika, Tarakan, Makassar, Ambon, Bitung, Kendari, dan Dobo, untuk selanjutnya dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya didistribusikan ke sejumlah daerah di Pulau Jawa melalui darat. “Kalau menggunakan kereta api efisiensinya 30 persen. Kita hitung 30 persen menguntungkan lebih cepat, murah dan aman dan yang pasti tepat waktu,” terang Antam.

Pengiriman hasil perikanan menggunakan kereta api dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya ke Tanjung Priok Jakarta sebelumnya sudah pernah dilakukan. Pada tahun 2021, pengiriman hasil perikanan dengan kereta api tercatat mencapai 1.549 TEUs dan sampai Agustus 2022 mencapai 1.036 TEUs.

KKP juga mengharapkan setelah ditandatangani kesepakatan dengan PT Kereta Api logistik pengiriman hasil perikanan menggunakan kereta api akan semakin meningkat. Hal ini seiring dengan berkembangnya sektor kelautan dan perikanan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*