Mudik Dilarang, KRL Yogyakarta-Solo Tetap Beroperasi Saat Lebaran

KRL Yogyakarta-Solo tetap beroperasi saat lebaran
KRL Yogyakarta-Solo tetap beroperasi saat lebaran - detik.com

JOGJA/SOLO – Di tengah larangan mudik, () DAOP 6 memastikan bahwa Kereta Rel Listrik () Yogyakarta-Solo tetap akan selama masa libur Lebaran 2021. Perusahaan menerangkan bahwa KRL tersebut untuk memfasilitasi mobilitas para pekerja antar-wilayah di Jawa Tengah dan Yogyakarta, bukan untuk pemudik.

“KRL tetap beroperasi selama libur Lebaran. Pasalnya, mudik lokal bukan mudik, melainkan hanya kepentingan,” tutur Deputi Eksekutif Vice President PT KAI DAOP 6 Yogyakarta, Ari Mulyono Madyo, dikutip dari Republika. “Masyarakat yang menggunakan KRL biasanya memiliki kepentingan tugas, dinas perkantoran, atau melakukan yang sifatnya .”

Terkait surat izin keluar masuk (SIKM) yang disyaratkan pusat, Ari menyatakan hal itu menjadi kewenangan pemerintah daerah (pemda) setempat. PT KAI akan mengikuti aturan yang ditetapkan pemda terkait. “Kalau angkutan aglomerasi, protokol kesehatannya adalah menggunakan masker dan mencuci tangan,” terang Ari.

Sementara itu, pada bulan Ramadan tahun ini, KRL Yogyakarta-Solo tetap beroperasi seperti biasa. Moda transportasi tersebut tetap beroperasi 22 perjalanan setiap hari, mulai pukul 05.05 WIB sampai dengan 19.10 WIB. Seluruh layanan KRL juga berlangsung dengan tetap mengutamakan protokol pencegahan Covid-19.

“KAI Commuter memperbolehkan para pengguna untuk makan dan minum di dalam KRL khusus pada waktu berbuka puasa hingga satu jam setelahnya,” kata VP Corporate Secretary PT Kereta Commuter Indonesia (PT KCI), Anne Purba. “KAI Commuter mengajak para pengguna yang hendak makan dan minum untuk berbuka puasa tetap menjaga protokol kesehatan dan menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan.”

Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, potensi kepadatan pengguna KRL berada di rentang waktu menuju waktu berbuka puasa. Data pengguna pada bulan puasa 2020 menunjukkan puncak mobilitas pengguna KRL di pagi hari adalah pada pukul 06.00 WIB hingga 07.00 WIB, sementara pada sore harinya pada pukul 16.00 WIB sampai 17.00 WIB.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*