Kumpulan Gambar Kereta Api Lokomotif Uap Kuno

kereta api kuno

Dalam perkembangan , dengan mesin uap merupakan jenis pertama yang digunakan oleh manusia. Lokomotif uap berawal dari penemuan mesin uap oleh James Watt yang semakin berkembang dan dimanfaatkan sebagai mesin alat yaitu kereta api.

Kereta api lokomif uap pertama kali dibuat oleh George Stephenson pada tahun 1814 yang diberi nama Blucher. Lokomotif ini dapat menarik 8 kereta berisi 30 ton batu bara dengan kecepatan 6,4 km per jam. Kemudian kereta terus berkembang hingga diciptakanya locomotion (1821), lokomotif rocket (1829), atlas dan patentee. pertama kali ada di Indonesia dibawa oleh Belanda, yang digunakan terutama untuk mengangkut hasil bumi dan tambang.

Seiring perkembangan teknologi, kereta pun terus bertransfomasi. Saat ini, kereta api dengan lokomotif uap sudah sangat jarang ditemukan, berganti dengan kereta-kereta listrik yang modern dan canggih. Keberadaannya yang langka justru membuat kereta uap menjadi sesuatu yang . Dengan adanya kesan serta suasana nostalgia yang dibangkitkannya mampu menjadi magnet tersendiri.

Saat ini Anda bisa melihat salah satu kereta uap kuno yang ada di . Kereta uap kuno ini yaitu Sepur Kluthuk Jaladara yang merupakan rangkaian kereta api tua yang masih beroperasi sebagai di kota Solo.

Kereta uap kuno ini merupakan penghuni sebelum didatangkan ke Solo atas inisiatif Walikota Solo kala itu, Joko Widodo. Sepur Kluthuk Jaladara adalah lokomotif C1218, yaitu lokomotif jenis C12. Lokomotif jenis ini berukuran kecil dan dirancang untuk tujuan perjalanan jarak pendek.

Sepur Kluthuk Jaladara
Sepur Kluthuk Jaladara

Berikut juga kami sajikan kumpulan gambar kereta api kuno jenis lokomotif uap yang unik dan menarik dari masa ke masa dengan berbagai model:

4

3

5

2

6

1 Comment

Komentar ditutup.