Kumpulkan Boarding Pass Mulai dari Sekarang, Nantinya Bisa Ditukar Tiket Kereta Gratis!

Agus Komarudin, Kepala Humas PT KAI - www.grid.id
Agus Komarudin, Kepala Humas PT KAI - www.grid.id

Jakarta yang dilakukan oleh PT Indonesia (KAI) dari tahun ke tahun memang semakin maju. Bahkan sejak beberapa waktu lalu juga berupaya mengurangi penggunaan tiket atau boarding pass dalam bentuk fisik demi menghindari penyalahgunaan tiket yang dibuang penumpang oleh orang-orang tak bertanggungjawab.

Penerapan e-boarding ini telah diterapkan KAI bagi para penumpang yang memesan tiket lewat KAI Access. Dua jam sebelum keberangkatan, penumpang akan memperoleh pemberitahuan dan bisa mengklik cetak e-boarding pass, sehingga tak ada lagi lembaran cetakan tiket secara fisik. “Penumpang tinggal tunjukkan barcode yang ada di handphone atau gadget-nya saat boarding. Jadi harus check-in terlebih dahulu,” ujar Kepala Humas PT KAI, Agus Komarudin, seperti dilansir Kompas.

E-boarding tersebut berlaku untuk seluruh kereta jarak jauh. Agus juga berpesan agar para penumpang tidak membuang tiket keretanya. “Bisa dikumpulkan lalu ditukar dengan tiket satu perjalanan ,” papar Agus.

Boarding pass (tiket) yang bisa ditukarkan adalah tiket KA kelas komersial. Berikut syarat dan ketentuan penukaran tiket kereta gratis:

  1. Penumpang memiliki 20 boarding pass (tiket) dengan rentang waktu 12 bulan sejak keberangkatan KA pertama (ditukarkan dalam waktu 12 bulan tersebut).
  2. Penumpang memiliki 15 boarding pass (tiket) dengan rentang waktu enam bulan sejak keberangkatan KA pertama (ditukarkan dalam waktu enam bulan tersebut).
  3. Rentang waktu yang dimaksud di atas dihitung mundur dari tanggal penukaran tiket.
  4. Tiket (boarding pass) atas nama penumpang yang sama.
  5. Tiket (boarding pass) dengan perjalanan atau parsial (PP) searah maupun sebaliknya. Misalnya untuk Yogyakarta-Jakarta atau Jakarta-Yogyakarta.
  6. Penukaran tiket gratis dihitung sejak tanggal keberangkatan tiket atau boarding pass pertama dan tidak boleh lebih dari rentang waktu yang ditentukan. Apabila melewati rentang waktu tersebut maka sudah tidak berlaku.
  7. Penukaran tiket dilakukan di besar yang terdapat customer service (CS).
  8. Apabila tidak ada CS, penumpang dapat melaporkan ke petugas reservasi.
  9. Petugas loket akan memeriksa keabsahan tiket (boarding pass).

Berikut jenis tiket yang bisa ditukarkan pada program ini:

  1. Jika tiket terdiri dari beberapa nama KA yang berbeda, maka tiket gratis diberikan dengan rute jarak terpendek.
  2. Kelas KA sama, jika tiket yang dikumpulkan terdiri dari beberapa kelas, maka yang diberikan kelas terendah.
  3. KA yang sama, jika tiket yang dikumpulkan terdiri dari beberapa , maka yang diberikan terpendek.

Jika sudah memenuhi segala persyaratan, tiket gratis dapat dicetak untuk sang penumpang. Namun bila boarding pass tidak terbaca, maka penumpang wajib menyebutkan tanggal perjalanan atau data KA pada CS yang ada di stasiun agar bisa dilakukan pengecekan. Apabila datanya sudah benar, petugas akan menulis ulang nomor kode booking di boarding pass tersebut dan memberi paraf.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*