Kurangi Antrean Penumpang, MRT Jakarta Tambah Mesin Tiket Otomatis

MRT Jakarta berencana menambah Mesin Tiket Otomatis
MRT Jakarta berencana menambah Mesin Tiket Otomatis - tribunnews.com

Untuk mengatasi antrean panjang para , pihak Jakarta berencana menambah fasilitas tiket otomatis dan bekerja sama dengan sejumlah penerbit uang elektronik. Dengan bekerja sama , calon penumpang dapat membeli kartu uang elektronik yang diterbitkan tersebut.

“Kami sedang berupaya menambah Ticket Vending Machine (TVM) dan bekerja sama dengan bank-bank penerbit uang elektronik,” papar Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan PT Jakarta, Muhammad Kamaluddin, dilansir Republika. “PT Jakarta akan mengajak setiap bank berkontrak untuk penyewaan tiket otomatis tersebut.”

Kamal melanjutkan, bank-bank yang akan bekerja sama tentunya bank yang memiliki izin mengeluarkan uang elektronik dari (BI). Nantinya, semua bank yang sudah memiliki izin uang elektronik dari BI tersebut akan diundang kembali untuk penawaran berkontrak sewa Ticket Vending Machine dengan MRT Jakarta.

Sebelumnya, Ketua Pengurus Harian YLKI, Tulus Abadi, menyoroti tiket MRT Jakarta saat jam sibuk kerja. Ketika dirinya bersama keluarga akan menggunakan umum teranyar di ibukota itu, ia harus selama satu jam untuk mendapatkan tiket. “PT MRT Jakarta tak dapat mengatasi lonjakan penumpang dengan maksimal,” tutur Tulus.

Sebenarnya, untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan pembelian tiket MRT, sejumlah teknologi terbaru sudah dirilis. Paling anyar, pada awal Juli 2019 kemarin, jam pintar Lyfe Watch diluncurkan oleh startup Lyfe yang berkolaborasi dengan BNI. Jam tangan pintar ini dilengkapi dengan NFC dan teknologi pembayaran non-tunai (cashless) TapCash yang memungkinkan untuk membayar berbagai kebutuhan sehari-hari dengan cepat dan praktis.

“Lyfe Watch, terutama dengan TapCash ini, memang dirancang untuk menunjang aktivitas masyarakat Indonesia yang memiliki mobilitas tinggi, saat segala hal perlu dilakukan secara cepat dan aman,” ungkap CEO Lyfe, Indra Darmawan. “Sebagai realisasinya, Lyfe Watch dapat digunakan oleh pengguna untuk pembayaran tiket perjalanan MRT dan bus TransJakarta, parkir di Gelora Bung Karno dan beberapa stasiun kereta besar.”