Landasan Pacu Sekaligus Rel Kereta di Selandia Baru

GISBORNE – Jika biasanya rel berada di tengah jalan, di atas sebuah jembatan, di terowongan dan bawah tanah, namun berbeda dengan rel kereta yang berada di Selandia Baru. Sebuah rel melalui sebuah pesawat terbang di Gisborne, Selandia Baru.

Bandara tersebut merupakan bandara teraneh di dunia karena landasan pacunya dilewati jalur atau rel kereta. Pada umumnya, sebuah landasan pacu hanya digunakan sebagai jalanan umum maupun khusus hanya untuk pesawat.

landasan pacu dan rel kereta ketika tidak ada yang menggunakan
Landasan Pacu Sekaligus di Bandara Gisborne (foto: detik.com)

Bandara Gisborne dengan luas 160 hektar ini memiliki 4 landasan pacu. 3 landasan pacu di Bandara ini berumput dan satu lainnya beraspal. Satu-satunya landasan beraspal inilah yang dilewati oleh sebuah jalur kereta. Jalur kereta bernama Palmerston North milik Gisborne Railway Line beserta landasan pacu milik bandara ini beroperasi aktif setiap harinya.

Landasan pacu pesawat sekaligus jalur kereta unik ini setiap hari beroperasi mulai pukul 6.30 hingga 20.30 waktu setempat. Di luar yang telah ditentukan tersebut, kedua jalur ditutup hingga pagi.

Landasan pacu dan rel kereta
Landasan Pacu Sekaligus Jalur Kereta yang Keduanya Aktif (foto: detik.com)

Jalur unik ini merupakan jalur yang sangat aktif, baik sebagai jalur kereta maupun pesawat. Jalur unik ini merupakan tantangan besar bagi pengurus bandara maupun jalur kereta. Kesalahan kecil terhadap jadwal salah satu moda tersebut dapat mengakibatkan kecelakaan fatal.

Bandara Gisborne merupakan pintu masuk utama ke wilayah Gisborne. Bandara yang melayani 60 penerbangan domestik ini, setiap tahunnya lebih dari 150.000 terbang menuju dan dari bandara ini.

Tentang Dinar Firda Rosa 263 Articles
Peminat studi Teknik Informatika, saat ini bermukim di Malang - Jawa Timur