Layanan Rail Express di Cirebon Diperluas Hingga Stasiun Haurgeulis & Brebes

Luqman Arif, Manager Humas PT KAI Daop 3 Cirebon - indopos.co.id
Luqman Arif, Manager Humas PT KAI Daop 3 Cirebon - indopos.co.id

– PT Indonesia (KAI) Daop 3 Cirebon, Jawa Barat memperluas Rail Express untuk melayani yang hendak mengirimkan di wilayah kerjanya. Pasalnya, layanan pengiriman barang untuk ritel ini mencatatkan kenaikan pengangkutan barang sebesar 73% pada Juni 2020 atau sudah melayani sebanyak 10.581 ton.

“Pada November, diprogramkan akan ada dua lagi di Daop 3 yang akan melayani layanan Rail Express,” ujar Manajer Humas KAI Daop 3 Cirebon Luqman Arif, seperti dilansir Antara.

Adapun di wilayah KAI Daop 3 Cirebon layanan Rail Express kini tersedia di 3 stasiun, meliputi Stasiun Cirebon, Cirebon Prujakan, dan Jatibarang. Ke depannya layanan Rail Express akan diperluas ke dua stasiun lainnya di wilayah Daop 3 Cirebon, yakni Stasiun Haurgeulis (Indramayu) dan Stasiun Brebes. “Untuk , Rail Express menetapkan harga per satuan kilogram dan per tujuan, di mana pengiriman barang dapat dilayani di seluruh wilayah rel api di Pulau Jawa,” papar Luqman.

Luqman menambahkan, tarif pengiriman dengan Rail Express jauh lebih murah dari ongkos kirim dengan ekspedisi lain dan waktu pengiriman relatif lebih cepat dan aman. “Layanan Rail Express mencakup hampir semua jenis barang ritel, di antaranya paket, dokumen, motor, produk UMKM, e-commerce, bahan pangan dan lainnya,” ucap Luqman. Khusus untuk bahan pangan, layanan Rail Express melayani pengiriman bahan pokok, biji-bijian, buah, hewani, makanan olahan, rempah-rempah, sayur, susu, dan juga telur.

Menariknya lagi, pengiriman barang lewat Rail Express yang tadinya hanya dapat diambil di stasiun kereta, kini sudah bisa dikirim ke alamat akhir penerima barang. KAI menggandeng PT Blue Bird Tbk untuk memberi layanan Last Mile atau lanjutan untuk pelanggan Rail Express.

Dengan demikian, masyarakat Cirebon dan sekitarnya ketika mengantar barang ke loket Rail Express stasiun keberangkatan akan memperoleh pilihan layanan pengantaran barang dari stasiun tujuan langsung ke alamat akhir pengiriman dengan armada Blue Bird.

Pada tahap awal, layanan Last Mile tersedia untuk pengiriman dari Cirebon ke 4 wilayah, yakni Jakarta (Stasiun Jakarta Gudang dan Stasiun Pasar Senen), Bandung (Stasiun Bandung), Semarang (Stasiun Semarang Tawang), dan Surabaya (Stasiun Surabaya Pasar Turi dan Stasiun Surabaya Kota).