Libur Akhir Tahun, Tiket Kereta Api Jarak Jauh di Malang Habis Terjual

– Menjelang Maulid Nabi Muhammad, , dan Tahun Baru, di Kota Baru Malang, Jawa Timur telah ludes terjual. Selama momen liburan kali ini dapat diprediksi adanya kenaikan jumlah hingga 100 persen.

Kepala Stasiun Kota Baru Malang, Suprapto menuturkan jika KA jarak jauh 100 persen habis terjual untuk keberangkatan 9 dan 12 Desember, bertepatan libur Maulid Nabi serta pada 24, 25, dan 31 Desember 2016, juga 1 Januari 2017 ketika libur Natal maupun Tahun Baru. Meski demikian, tiket di luar tanggal tersebut masih tersedia dan bisa dipesan.

“Tiket habis di dua momen itu. Untuk jadwal di hari lainnya masih ada tiket, tapi mungkin dalam waktu dekat juga bisa segera habis,” ungkap Suprapto di Malang, Jumat (9/12).

Lebih lanjut Suprapto membeberkan tiket jarak jauh yang telah ludes terjual tersebut adalah KA Matarmaja, KA Gajayana, KA Bima, KA Majapahit, KA Jayabaya yang seluruhnya tujuan Malang – Jakarta. Serta KA Malabar rute Malang – Bandung, KA Malioboro rute Malang – Yogyakarta dan KA Tawang Alun rute Malang – Banyuwangi.

Meski tiket telah habis terjual, pihaknya tak akan menambah atau menjual tiket tambahan. “Tidak ada kebijakan penambahan kereta di stasiun kami meski tingkat keterisian sudah penuh saat momen libur panjang itu,” ucap Suprapto.

memprediksi jumlah penumpang yang berangkat dan datang selama liburan kali ini mencapai 10 ribu orang, naik 100% dari hari biasanya yang hanya sekitar 4 ribu hingga 5 ribu orang. Pihak stasiun pun telah berkoordinasi dengan aparat untuk memberikan pengamanan di wilayah stasiun. “Kalau di dalam kereta ada polisi khusus kereta api yang selalu berjaga. Ada dua personel yang disiagakan, sama seperti biasanya,” tandasnya.