Libur Maulid Nabi, Penumpang Kereta Api Melonjak Hingga 2 Kali Lipat

Luqman Arif, Manager Humas PT KAI Daop 3 Cirebon - indopos.co.id
Luqman Arif, Manager Humas PT KAI Daop 3 Cirebon - indopos.co.id

Jakarta – Pada masa libur panjang long weekend Maulid Nabi Muhammad SAW, api yang turun di Kejaksan Cirebon terpantau mengalami peningkatan yang signifikan jika dibandingkan weekend sebelumnya.

Manajer Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Luqman Arif menjelaskan, pada tanggal 28 Oktober 2020, terdapat 1.261 penumpang yang naik, sedangkan jumlah penumpang yang turun mencapai 1.630 orang di seluruh wilayah kerja PT KAI Daop 3 Cirebon.

Kemudian, untuk pemesanan KA mulai tanggal 27 Oktober – 2 November 2020 tercatat sebanyak 8.938 penumpang memakai jasa per jam 10.00 WIB. Sedangkan untuk arus balik penumpang kereta api diperkirakan berlangsung pada tanggal 1 November 2020, di mana hingga pukul 10.00 WIB, Kamis (29/10) sudah ada 1.375 orang yang naik dari stasiun se-wilayah Daop 3 Cirebon.

Guna memenuhi permintaan pengguna jasa, PT KAI Daop 3 Cirebon mengoperasikan KA Argo Cheribon pada tanggal 1 November 2020. “ berangkat dari Stasiun Cirebon pada pukul 16.47 WIB dan tiba di Stasiun Gambir pukul 19.59 WIB,” kata Luqman, seperti dilansir Radarcirebon.

Sementara itu, dalam kunjungannya di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memastikan bahwa penerapan protokol oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero) telah berjalan dengan baik.

penumpang KA pun terjadi di Stasiun Pasar Senen yang mengalami kenaikan dari sekitar 4.000 penumpang per hari jadi 8.000 penumpang per hari. Menhub Budi Karya turut mengapresiasi konsistensi KAI dalam menerapkan protokol kesehatan.

“Apa yang terjadi di sini saya pikir baik. Saya apresiasi yang dilakukan oleh KAI dan oleh karena ini harus konsisten. Harus konsisten melakukan protokol kesehatan. Karena kalau kita bisa memberangkatkan mereka, tapi mereka terpapar maka kita tidak berhasil,” kata Budi di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Kamis (29/10). Pada kesempatan tersebut, Budi juga membagikan masker pada calon penumpang kereta api untuk meminimalisir penyebaran Covid-19.