Libur Nataru, Stasiun Malang Siagakan Petugas Customer Service Mobile

Petugas Customer Service Mobile di Stasiun Malang - jatim.tribunnews.com
Petugas Customer Service Mobile di Stasiun Malang - jatim.tribunnews.com

Malang – Pada musim libur dan kali ini rupanya ada yang berbeda di Malang. Pihak PT Api Indonesia (KAI) mempersiapkan tenaga Customer Service Mobile (CSM) sebanyak 6 orang sejak tanggal 20 Desember 2018 sampai 6 Januari 2019 mendatang.

“Selama musim libur Nataru ada lonjakan kan, karenanya kita menyiapkan enam tenaga CSM tambahan,” ujar Kepala Stasiun Malang, Radne Anyarso Tulad, Kamis (20/12), seperti dilansir Tribunnews.

Adapun keenam petugas Customer Service Mobile dibagi dalam 3 zona. Tugas pokok dari para Customer Service Mobile adalah untuk mengarahkan dan memberi terhadap para penumpang di Stasiun Malang. “Seperti bagaimana cara cetak tiketnya, dimana lokasi kereta dan yang lain,” ujar Radne.

Lebih lanjut Radne mengatakan bahwa setiap hari terdapat sekitar 4.000 ribu penumpang kereta api yang berangkat dari Stasiun Malang. Pada masa libur Natal dan Tahun Baru kali ini, jumlah penumpang di Stasiun Malang diperkirakan akan mengalami kenaikan hingga 50% dari hari biasanya. “Kalau prediksi kita dari tanggal 20 Desember sampai 6 Januari 2019 ada 120 ribu penumpang yang berangkat dari Stasiun Malang,” papar Radne.

Pada musim liburan Natal dan Tahun Baru, Stasiun Malang mengoperasikan tambahan untuk KA Matarmaja relasi Malang-Gambir Jakarta dan KA Gajayana-Pasar Senen. KA Matarmaja tambahan yang melayani rute Malang-Gambir per tanggal 20 Desember 2018 dilaporkan telah habis terjual sampai dengan jadwal keberangkatan tanggal 2 Januari 2019 mendatang. “KA Gajayana tambahan sampai tanggal 26 Desember itu sudah habis,” tandas Radne.

Minat untuk melakukan menggunakan kereta api selama libur Nataru memang diketahui cukup tinggi, terutama untuk rute Malang-Jakarta. Oleh sebab itu, sebelumnya PT KAI Daop 8 Surabaya menambah gerbong pada rute Malang-Jakarta. “Paling banyak rute Malang-Jakarta untuk kereta jarak jauh,” beber Wakil Kepala Stasiun Malang, Burhanudin.

Oleh sebab itu, bagi calon penumpang yang ingin melakukan perjalanan dengan kereta api saat libur Natal dan Tahun Baru diharapkan untuk terus memantau situs resmi penjualan tiket kereta KAI atau channel-channel lainnya.