Libur Panjang Imlek, PT KAI Daop 1 Jakarta Operasikan 8 Kereta Tambahan

Edy Kuswoyo, Kepala Stasiun Gambir - jateng.tribunnews.com
Edy Kuswoyo, Kepala Stasiun Gambir - jateng.tribunnews.com

Jakarta – Untuk mengantisipasi panjang Tahun Baru Imlek 2018 pada Jumat (16/2) besok, PT Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta menjalankan 8 yang diberangkatkan dari Gambir.

“Banyaknya masyarakat yang antusias menggunakan kereta api. Setidaknya ada delapan kereta api tambahan yang berangkat dari Stasiun Gambir. Empat KA Argo Parahyangan tujuan Bandung, KA Argo Dwipangga Fakultatif, dan KA Argo Lawu Fakultatif tujuan Solo, KA Argo Jati Tambahan, dan KA Cirebon Ekspres Fakultatif tujuan Cirebon,” jelas Senior Manager Humas DAOP 1 Jakarta Edy Kuswoyo, Rabu (14/2), seperti dilansir Tribunnews.

Di samping itu, Daop 1 Jakarta juga mengoperasikan 53 kereta api reguler yang diberangkatkan dari Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Gambir. “28 KA Reguler pemberangkatan Stasiun Gambir dan 25 KA Reguler pemberangkatan Stasiun Pasar Senen,” beber Edy.

Setidaknya terdapat 30.948 tempat duduk dalam KA reguler yang meliputi 18.452 kursi untuk keberangkatan dari Stasiun Pasarsenen dan 12.496 kursi keberangkatan dari Stasiun Gambir. “PT KAI Daop 1 Jakarta juga menyiapkan tempat duduk untuk KA Tambahan sebanyak 3.440 tempat duduk,” beber Edy.

Adapun kereta yang berangkat dari Stasiun Pasar Senen pada hari Minggu-Jumat (11-17 Februari 2018) seperti KA Matarmaja tujuan Malang, KA Gaya Baru Malam Selatan tujuan Surabaya Gubeng, KA Brantas tujuan Blitar, dan KA Bengawan tujuan Purwosari okupansi atau tingkat keterisiannya sudah mencapai 100%.

Demikian pula untuk keberangkatan Selasa-Jumat (13-16 Februari) seperti KA Majapahit, KA Jayabaya tujuan Malang, dan KA Kertajaya jurusan Surabaya Pasar Turi okupansinya 100%. Pemberangkatan hari Kamis-Jumat (15-16 Februari) dari Stasiun Pasar Senen pun okupansinya mencapai 100%. “Hanya KA Tawang Jaya tujuan Semarang Poncol, KA Kutojaya tujuan Kutoarjo, dan KA Gumarang tujuan Surabaya Pasar Turi pada hari Jumat (16/2) yang masih tersedia, itupun hanya tersisa sekitar 20%,” jelasnya.

Edi menjelaskan jika hanya KA Argo Parahyangan tujuan Bandung dan KA Argo Jati pemberangkatan pagi hari yang keretanya masih tersedia. Berdasarkan data PT KAI, volume keberangkatan dari Jakarta sejak Rabu-Minggu sebanyak 124.449 . “Sebanyak 71.488 yang berangkat dari Stasiun Pasar Senen dan 52.961 yang diberangkatkan dari Stasiun Gambir,” ujarnya. Jumlah tersebut naik 13,5% dari Imlek tahun lalu sebesar 109.578 orang.