Libur Panjang, KAI DAOP V Purwokerto Tambah Gerbong Kereta

foto:catperku.com
CTM Pemesanan tiket

PURWOKERTO – Libur panjang akhir pekan ini yang berlangsung pada tanggal 14 April hingga 16 April 2017 mendatang diprediksi akan menyebabkan lonjakan . Karena itu, untuk mengantisipasi hal ini, PT Indonesia () DAOP V Purwokerto bakal menyediakan tambahan rangkaian kereta.

Dua kereta api yang mendapat rangkaian tambahan tersebut yaitu KA Kutojaya Kutoarjo-Pasar Senen dan KA Purwojaya jurusan Cilacap-Gambir. Kedua kereta api tersebut masing-masing bakal mendapatkan satu tambahan, sehingga dapat dimaksimalkan menjadi 9 atau 8 kereta.

“Langkah ini dilakukan guna mengantisipasi lonjakan penumpang pada masa panjang di akhir pekan mendatang,” jelas Manajer Humas PT KAI DAOP V Purwokerto, Ixfan Hendriwintoko. “Kedua rangkaian KA yang tadinya hanya membawa 8 gerbong atau 7 gerbong, bisa dimaksimalkan menjadi 9 atau 8 gerbong.”

Selain menyediakan tambahan gerbong kereta, Ixfan menambahkan bahwa pihaknya juga bekerja sama dengan beberapa hotel berbintang di wilayah DAOP V Purwokerto, seperti Hotel Premiere Santika dan Hotel Amaris untuk memberikan potongan sebesar 50 persen. “Potongan diberikan untuk proses check-in di hotel dengan menunjukkan boarding pass kereta yang digunakan, dengan batas waktu check-in hanya 2 x 24 jam dari tanggal yang tertera di boarding pass,” jelas Ixfan.

Sementara, untuk ketersediaan , berdasarkan data Rail Ticketing System (RTS), ketersediaan tempat duduk untuk beberapa kereta api (KA) untuk tanggal-tanggal tertentu telah ludes terjual. kereta api jurusan Gambir-Purwokerto pada tanggal keberangkatan 13 April 2017 dan sebaliknya untuk pemberangkatan 16 April 2017 sudah habis. Selain itu, kereta api rute Pasar Senen-Purwokerto keberangkatan 13-14 April 2017 serta Kiaracondong-Kutoarjo keberangkatan 13 April 2017 juga sudah habis.

“Persediaan tiket juga mulai menipis untuk keberangkatan tanggal 12 dan 14 April 2017 dari Gambir menuju Purwokerto yang saat ini hanya tersisa 300 dan 500 tiket,” sambung Ixfan. “Sementara, kereta api jurusan Kutoarjo-Kiaracondong masih menyisakan 100 tiket untuk pemberangkatan tanggal 16 April 2017.”