Libur Panjang, PT KAI Daop 1 Jakarta Siapkan 8 Kereta Tambahan

Suprapto, Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) DAOP I Jakarta - www.rri.co.id
Suprapto, Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) DAOP I Jakarta - www.rri.co.id

Jakarta (KAI) Daop 1 Jakarta menyiapkan 8 tambahan untuk libur Kenaikan Isa Al Masih 2017. PT KAI Daop 1 Jakarta sengaja menambah 8 rangkaian untuk mengakomodir tingginya minat pada panjang kali ini.

“Ada delapan tambahan dengan total 4.000 tempat duduk,” ujar Suprapto, Senior Manajer Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Kamis (25/5).

Lebih lanjut Suprapto menuturkan jika kereta tambahan tersebut meliputi 7 kereta kelas yang diberangkatkan dari Gambir dan 1 kereta kelas yang berangkat dari Stasiun Pasar Senen. “Kereta-kereta itu dioperasikan pada 24-29 Mei 2017,” jelas Suprapto.

Delapan kereta tambahan tersebut meliputi sejumlah kota tujuan seperti Bandung sebanyak 4 kereta, serta Surabaya Gubeng, Solo, Purwosari, dan Cirebon masing-masing sebanyak 1 kereta. Mulanya pihak KAI Daop 1 Jakarta hanya mengoperasikan 52 KA reguler berjumlah 30 ribu tempat duduk.

“Minat masyarakat yang tinggi akan menggunakan moda KA ini terlihat dari mulai terjual habisnya KA di tanggal-tanggal favorit yakni 24-25 Mei. Dari data penjualan kemarin (Rabu), untuk ke Jawa Tengah dan Jawa Timur sudah mengalami peningkatan penjualan,” tuturnya.

Suprapto mengungkapkan jika kereta keberangkatan dari Stasiun Gambir yang okupansinya mencapai 100% untuk jadwal keberangkatan Rabu (24/5) antara lain, KA Argo Sindoro dan KA Muria tujuan Semarang Tawang, KA Argo Dwipangga, KA Argo Lawu, dan KA Argo Lawu Fakultatif tujuan Solo, KA Gajayana dan KA Bima tujuan Malang, KA Argo Bromo Anggrek Pagi, KA Argo Bromo Anggrek Malam, KA Sembrani tujuan Surabaya Pasarturi, KA Bangunkarta dan KA KLB Tambahan GMR-SGU tujuan Surabaya Gubeng, KA Taksaka Malam tujuan Yogyakarta dan KA Purwojaya tujuan Cilacap.

Sementara itu untuk keberangkatan Jumat (26/5) KA Argo Muria tujuan Semarang Tawang dan KA Argo Bromo Anggrek Pagi serta KA Sembrani tujuan Surabaya Pasarturi sudah ludes terjual. Sedangkan keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen, kereta keberangkatan Rabu-Kamis (24-25 Mei) seluruhnya sudah mencapai 100% okupansinya, terutama KA menuju Jawa Tengah dan Jawa Timur.

“Hanya untuk KA Senja Utama Solo tujuan Solo, KA Senja Utama Yogya dan KA Bogowonto tujuan Yogyakarta, KA Sawunggalih tujuan Kutoarjo KA Menoreh dan Tawang Jaya tujuan Semarang, KA Gumarang tujuan Surabaya Pasaturi pada Kamis (25/5) yang masih tersedia,” tandasnya.