Libur Pemilu & Paskah, Jumlah Penumpang Kereta Api Alami Lonjakan

Penumpang Kereta di Stasiun Gubeng mengalami lonjakan saat libur Pemilu
Penumpang Kereta di Stasiun Gubeng mengalami lonjakan saat libur Pemilu - jatimnow.com

– Sejak Jumat (19/4) lalu, tiket di wilayah (KAI) Daerah Operasi (Daop) 7 Madiun untuk panjang 2019 dan Paskah rupanya terpantau habis terjual. Hal ini terlihat dari Tulungagung yang beberapa calon dilaporkan tak kebagian tiket.

“Membeli tiket sekitar pukul 09.30, tapi sudah kehabisan tiket. Sudah keburu habis, karena memang hari ini (kemarin) libur terakhir, memang saya saja yang telat untuk pesan lebih awal lagi,” ungkap Yogi Saputra, pelajar asal Trenggalek, Sabtu (20/4), seperti dilansir Jawa Pos.

Kata penumpang lain bernama Putri Ayu, pada liburan kali ini penumpang kereta api mengalami lonjakan. Hal ini terlihat dari beberapa temannya yang tak mendapatkan tiket. “Memang sangat banyak, saya saja dapat tiket berdiri. Teman-teman ada yang tidak dapat tiket,” ucapnya.

Menurutnya tingkat keterisian penumpang di tiap kereta yang melintas mencapai 90-100% dalam beberapa hari terakhir musim libur kali ini. Padahal biasanya hanya berkisar 60-70%, sedangkan saat hari kerja dan akhir pekan bisa sampai 80%. “Untuk penjualan tiket pada hari libur di Stasiun Tulungagung untuk relasi Pasar Senen habis terjual, hal itu untuk semua jenis kereta api,” ungkapnya.

Tak hanya di Madiun, jumlah penumpang kereta api di wilayah Daop 8 Surabaya juga dilaporkan mengalami peningkatan menjadi 18.528 penumpang dibandingkan pada hari-hari biasa yang hanya sekitar 10.000-12.000 penumpang. Jumlah tersebut terpantau melonjak 10% daripada jumlah penumpang ketika weekend yang berkisar 14.000-16.000 orang per hari.

Guna mengantisipasi lonjakan penumpang saat libur Wafat Isa Al Masih dan libur akhir pekan, KAI Daop 8 Surabaya pun menambah 1 gerbong kereta eksekutif untuk KA Turangga relasi Surabaya -Bandung dan KA Sancaka relasi Surabaya -Yogyakarta. Kemudian terdapat 2 perjalanan KA tambahan di Gubeng-Malang dan Malang-Gubeng.

“Relasi dan dominasi tujuan penumpang dari KA Menengah dan jarak Jauh di wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya diantara Jakarta, Bandung, Jember, Banyuwangi, Yogyakarta, dan Semarang. Sementara untuk penumpang KA lokal tujuan dominan di antaranya Malang, Mojokerto, dan Bojonegoro,” Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Suprapto, Kamis (18/4).

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*