Libur Sekolah, Penumpang KA Siliwangi Rute Sukabumi-Cianjur Melonjak

KA Siliwangi - cianjurtoday.com
KA Siliwangi - cianjurtoday.com

Cianjur – Menjelang akhir sekolah, rupanya (KA) Siliwangi jurusan Sukabumi-Cianjur, Jawa Barat mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Bahkan kabarnya tiap hari antrean penumpang tujuan Sukabumi atau sebaliknya terlihat padat.

Menurut data dari Cianjur, selama musim libur panjang semester awal 2019, tingkat keterisian atau okupansi penumpang KA Siliwangi meningkat hingga 50%. Kepala Cianjur, A Narizal menuturkan, tingkat penumpang KA Siliwangi rute Cianjur-Sukabumi selama libur sekolah mencapai 1.500 orang setiap satu kali pemberangkatan.

“Hari biasa tingkat penumpang hanya 900 hingga 1.000 orang, namun saat musim libur sekolah naik 50 persen persatu kali . Setiap harinya ada tiga kali pemberangkatan,” kata Narizal di Cianjur, Kamis (11/7), seperti dilansir Jabarnews.

Lebih lanjut Narizal mengungkapkan, rata-rata penumpang KA Siliwangi didominasi oleh anak sekolah dan orang tuanya yang ingin mengunjungi berbagai tempat wisata di Sukabumi seperti Pantai Pelabuhan Ratu dan objek-objek wisata lain. “Wisatawan asal Cianjur itu, rata-rata mengunjungi tempat wisata Salabintana dan Pelabuhan Ratu setelah turun di Stasiun Sukabumi melanjutkan perjalan dengan angkutan umum,” paparnya.

Sementara itu, penumpang KA dari Sukabumi mayoritas mengunjungi Taman Alun-Alun Cianjur dan tempat-tempat wisata lain yang bisa dijangkau dengan satu kali naik angkutan umum. Sejak diresmikannya Alun-Alun Cianjur, penumpang KA Siliwangi dari luar Cianjur memang dilaporkan naik sampai 200% setiap harinya. Seiring dengan adanya lonjakan penumpang saat libur panjang dan akhirnya, Narizal pun menilai perlunya penambahan KA Siliwangi yang saat ini baru tersedia 5 .

“Termasuk yang membentang dari Cianjur-Sukabumi, perlu diperbaiki jika penambahan gerbong dilakukan karena jalur yang ada saat ini hanya mampu menahan beban untuk lima gerbong. Semoga penambahan gerbong tersebut dapat segera terealisasikan sehingga saat musim libur seperti ini penumpang dapat tertampung, termasuk perbaikan mulai dari Cianjur sampai Sukabumi,” katanya. Kebijakan itu masih dibahas di Dirjen Perhubungan dan akan segera dikoordinasikan terkait gerbong tambahan KA Siliwangi relasi Cianjur-Sukabumi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*