Listrik KA Kertajaya Mendadak Padam, KAI Beri Ganti Rugi 50%

Listrik KA Kertajaya Mendadak Padam

(KA) Kertajaya yang melayani Jakarta Pasar Senen-Surabaya Pasar Turi tiba-tiba mengalami gangguan yang mengakibatkan aliran listrik di 7 gerbong mati sesaat setelah diberangkatkan. Sebagai kompensasi, pihak () akhirnya memberikan ganti rugi sebesar 50% dari harga kepada para KA Kertajaya pada Jumat (4/8).

“Untuk penumpang di gerbong 1 sampai 7, untuk pengembalian 50 persen dapat diambil di tujuan masing-masing. Kami atas nama PT Kereta Api Indonesia memohon maaf apabila kenyamanan Anda terganggu dalam kali ini,” jelas Ponirun, kondektur kereta lewat pengeras suara, seperti dilansir Tirto.

Masih belum diketahui apa penyebab aliran listrik yang padam secara mendadak tersebut. Menurut teknisi KA Kertajaya, Rudi, masalah tersebut dapat diatasi dengan mengganti genset pada gerbong 1-7. Penggantian genset dilakukan di Stasiun Cirebon pada pukul 18.30 WIB. “Tadinya kami berhenti di stasiun Cikampek, tapi karena belum diketahui penyebabnya jadi kita jalan terus supaya enggak buang waktu,” jelasnya.

Gerbong penumpang kereta api Kertajaya sempat gaduh karena udara dalam gerbong terasa sesak. Bahkan beberapa anak kecil juga menangis lantaran merasa gerah. “Orang-orang juga pada bingung. Tapi setelah itu kan ada pengumuman, ternyata listriknya memang mati, terus kan ada kompensasi, jadi pada tenang mungkin ya,” ujar salah satu penumpang bernama Badrun.

Selain merasa kepanasan, beberapa penumpang juga mengeluh karena tak dapat mengisi baterai ponselnya. “Ya jadi enggak enak emang, enggak bisa ngapa-ngapain,” sambungnya. Senada, penumpang tujuan Semarang bernama Yogas mengaku tak nyaman karena harus menunggu beberapa saat hingga listrik kembali menyala. “Selama satu setengah tahun saya bolak-balik pakai Kertajaya, baru kali ini listriknya mati,” paparnya.

Walau begitu, ia menghargai itikad baik KAI yang bersedia mengganti rugi penumpang yang kenyamanannya terganggu. “Saya lihat sih bagus ya, ada kompensasi seperti ini. Enggak masalah jadinya. Dan yang paling penting kan keselamatan penumpang,” tuturnya.

Sementara itu, KAI kini sedang menawarkan tiket kereta api lewat acara KAI Travel Fair. Menariknya, selain dapat diakses oleh para pengunjung KAI Travel Fair, tiket KA murah hingga 70% tersebut juga dapat diakses oleh umum melalui aplikasi KAI Access dan situs maupun aplikasi Traveloka.