Lokomotif Kereta Barang Anjlok, Perjalanan KA Terlambat

– Pagi tadi, Jum’at 15 November 2013 kereta barang di wilayah Krengseng, Kabupaten Kendal, . Akibat peristiwa ini perjalanan jalut pantai utara (pantura) mengalami gangguan.

Peristiwa anjloknya lokomotif kereta barang ini tidak menyebabkan korban jiwa. Namun sejumlah perjalanan kereta api mengalami keterlambatan. Setidakya terdapat dua kereta api yang mengalami keterlambatan yaitu Kereta Ekonomi Kaliagung jurusan Semarang- dan Kereta Argo Anggrek jurusan Surabaya-Jakarta.

Eko Budiyanto, Manager Humas Daop IV Semarang mengungkapkan bahwa as roda lokomotif kereta barang keluar dari rel saat melintasi wilayah tersebut.

“Kereta barang baru saja bertolak dari Cirebon, rencananya mau ke Semarang. Kejadian sekira pukul 10.23 dan kini masih dilakukan perbaikan,” ungkap Eko saat dihubungi Okezone.com.

Keterlambatan akibat anjloknya lokomotif kereta barang ini hingga berjam-jam karena kereta penolong didatangkan dari Poncol. “Belum ditambah proses evakuasi yang memakan waktu kurang lebih satu jam,” tuturnya.

Selain itu kereta Kaliagung juga mengalami keterlambatan dalam perjalanannya dari Semarang menuju Tegal. Lalu Kereta eksekutif Argo Anggrek yang meninggalkan stasiun Tawang Semarang.

“Setelah diangkat, lokomotif akan ditarik ke Stasiun Krengseng. Di lokasi tersebut memang kerap kereta anjlog karena posisi menikung,” paparnya.

Saat terjadi keterlambatan keret Argo Anggrek berhenti di Stasiun Tegal. Kereta Ekonomi Kaliagung  berhenti di Ujung Negoro, dan Kereta Argo Muria berhenti di Stasiun Batang. Terakhir kereta Menoreh berhenti di Pekalongan. Keterlambatan kereta kira-kira mencapai dua jam.

Tentang Mirza Pratiwi 347 Articles
Kontributor berita, berasal dari Madiun: pusat pengembangan industri kereta api di Indonesia. Saat ini sedang menyelesaikan studi Teknologi Informasi di Universitas Negeri Malang. Penulis yakin bahwa masalah transportasi di Indonesia akan lebih baik jika difokuskan pada pembangunan sistem transportasi masal.