Longsor, KA Pangrango Relasi Bogor-Sukabumi Hanya Sampai Cigombong

Edy Kuswoyo, Manager Humas PT KAI Daop 1 Jakarta - pontas.id
Edy Kuswoyo, Manager Humas PT KAI Daop 1 Jakarta - pontas.id

– Rabu (2/1) lalu hujan deras melanda wilayah Bogor dan mengakibatkan tanah di 4 titik kereta api Bogor-Sukabumi mengalami . tersebut mengganggu jalur perlintasan rel KA di Kampung Bantar Panjang RT 02/07, Desa Cibalung, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor. Alhasil KA Pangrango pada Kamis (3/1) pun terpaksa dibatalkan dan hanya melayani sampai Cigombong.

Menurut Senior Manager Humas (KAI) Daop 1 , Edy Kuswoyo, perjalanan sejumlah KA yang melewati Bogor-Sukabumi pada Rabu (2/1) terganggu karena longsor. “Longsor terjadi pukul 15.30 WIB sehingga mengganggu keselamatan dan perjalanan KA,” ujar Edy, seperti dilansir Viva.

Kabarnya longsor di jalur tersebut terjadi pada pukul 14.00 WIB, Rabu (2/1) ketika hampir seluruh wilayah Bogor dilanda hujan deras dan gerimis. “Saat ini Polsek Cijeruk sudah melaksanakan evakuasi tanah longsor di dua titik jalur KA Sukabumi-Bogor, tepatnya di KM 12 + 700 LK panjang longsorannya 40 meter dan 10 meter,” beber Kasubbag Humas Polres Bogor, AKP Ita Puspita Lena.

Penyebab longsor diakibatkan oleh hujan yang intensitasnya cukup tinggi. Sampai Kamis siang jam 13.00 WIB, pihak PT KAI masih melakukan perbaikan yang dibantu oleh petugas Polsek Cijeruk. “Titik longsor tersebut, yakni di petak Bogor-Maseng tepatnya di Km. 12 + 700, 12 + 200/300, 11 + 00/100, 11 + 200/300 dengan kedalaman 7 meter,” beber Edy.

“Untuk menangani gangguan tersebut, PT KAI Daop 1 Jakarta telah menerjunkan tim. Saat ini masih dalam penanganan unit terkait. Kami terus berusaha untuk meminimalisir terganggunya perjalanan kereta api (KA) di lintas Bogor-Sukabumi,” sambung Edy.

Akibat longsor tersebut, sejumlah perjalanan KA terganggu. Pihak KAI pun melakukan pembatalan sejumlah KA dan pemotongan relasi KA. Padahal lintas Bogor-Sukabumi setiap harinya dilewati 6 perjalanan KA penumpang. “Maka PT KAI melakukan pembatalan dan pemotongan relasi KA dilakukan PT KAI Daop 1 Jakarta sampai jalur tersebut dinyatakan aman dan dapat dilalui oleh KA. Terkait longsor di sekitar Jalur KA Lintas Bogor-Maseng PT KAI Mengatur perjalanan KA Pangrango untuk hari ini,” jelas Edy.

Untuk para penumpang yang telah memiliki KA Pangrango relasi Sukabumi-Bogor atau sebaliknya, bisa melakukan pembatalan di stasiun terdekat dan memperoleh pengembalian 100%. “Apabila penumpang tetap ingin menggunakan KA Pangrango, penumpang bisa membeli kembali dengan relasi hanya Sukabumi-Cigombong atau sebaliknya saja,” pungkasnya.