Siap Beroperasi Juli 2023, Ini Jadwal Perjalanan LRT Jabodebek

Perjalanan LRT Jabodebek - (tangerang.tribunnews.com)
Perjalanan LRT Jabodebek - (tangerang.tribunnews.com)

JAKARTA – Jabodebek dikabarkan sudah hampir rampung. Jika sesuai target, kereta tersebut akan mulai beroperasi melayani pada bulan Juli 2023 mendatang. Menurut rencana, nantinya transportasi massa ini akan beroperasi sebanyak 434 perjalanan setiap harinya dengan mulai pukul 05.00 sampai 23.27 WIB.

“Dengan progress pembangunan per Januari 2023 mencapai 88,38 persen, LRT Jabodebek ditargetkan dapat beroperasi pada Juli 2023,” ujar Manager Public Relation LRT Jabodebek, Kuwardojo, dikutip dari Kompas.com. “Nantinya LRT Jabodebek rata-rata akan melayani sebanyak 434 perjalanan KA setiap harinya dengan target awal pengguna jasa sebanyak 137 ribu setiap harinya.”

LRT Jabodebek akan hadir setiap 4 menit di Dukuh Atas-Cawang, setiap 8 menit di Stasiun Jati Mulya-Cawang, serta setiap 8 menit di Stasiun Harjamukti-Cawang. Kereta tersebut juga akan melintasi setidaknya 18 stasiun. Stasiun-stasiun ini nantinya akan terintegrasi dengan moda transportasi lain sehingga memudahkan masyarakat bermobilisasi.

Dalam melayani masyarakat, LRT Jabodebek akan mengoperasikan 31 trainset atau rangkaian. Setiap rangkaian LRT Jabodebek terdiri atas enam kereta. Dengan demikian, LRT Jabodebek mampu mengangkut mencapai 1.308 penumpang. “Walau tanpa masinis, perjalanan LRT Jabodebek tetap terdapat petugas yang disebut Train Attendant untuk memberikan kepada pelanggan dan jika dibutuhkan untuk penanganan dalam kondisi darurat,” sambung Kuswardojo.

Dalam operasionalnya layanan pengguna jasanya, LRT Jabodebek menerapkan sistem cashless menggunakan Kartu Uang Elektronik (KUE) Transportasi yang sudah ada, misalnya KMT, Kartu Uang Elektronik ataupun dompet digital/e-wallet. KAI ( Indonesia) juga menyiapkan petugas pengawas stasiun, petugas loket, passenger service, cleaning service, petugas , dan security untuk mengoptimalkan pelayanan pada pelanggan di semua stasiun LRT Jabodebek.

Demi memastikan kesiapan operasional LRT Jabodebek, dan juga kereta cepat Jakarta-Bandung, baru saja melakukan kemitraan dengan dua perusahaan konsultan asal Inggris, yakni The Crossrail International dan PT Mott Macdonald Indonesia. Kerja sama antara Indonesia dan Inggris, khususnya di sektor transportasi, sebelumnya sudah terjalin dengan baik, salah satunya pengembangan proyek MRT Jakarta melalui penandatanganan Letter of Intent yang dilakukan 2022 lalu.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*