Tiba di Jakarta, LRT Jabodebek Uji Coba Akhir Oktober 2019

Rangkaian LRT diangkat ke lintasan LRT Jabodetabek
Rangkaian LRT diangkat ke lintasan LRT Jabodetabek - www.alinea.id

Satu rangkaian atau enam kereta light rail transit () Jabodebek akhirnya tiba di depo sementara di Cibubur, tepatnya di Harjamukti pada tanggal Jumat (12/10) kemarin. Rangkaian yang dikirimkan oleh PT Industri (INKA) Madiun tersebut menurut rencana akan diuji coba pada akhir bulan Oktober ini.

“Kereta LRT Jabodebek yang dikirimkan dari pabrik INKA Madiun telah tiba di Stasiun Harjamukti, Cibubur. Kereta LRT Jabodebek ini akan ditempatkan di depo sementara dan rencananya diangkat menggunakan 2 unit Gantry Crane yang saat ini telah terpasang,” tulis PT Adhi Karya dalam akun Instagram resminya. “Kemudian, tim akan melakukan proses unpacking, coupling, dan loading terhadap kereta LRT Jabodebek yang diperkirakan selesai pada 13 Oktober 2019.”

Resmi naik rel pada hari Minggu (13/10) kemarin, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan, mengatakan bahwa Light Rail Transit (LRT) Cawang-Cibubur memiliki yang lebih canggih dibandingkan dan LRT Palembang. Salah satu teknologi yang ia maksud yakni moving block. Dengan teknologi ini, LRT bisa berhenti dalam keadaan darurat sehingga nantinya bisa dijalankan tanpa ada masinis.

“Ini lebih canggih dari LRT Palembang karena tanpa masinis, mesinnya sudah ada di dalam juga. Jadi, saya pikir Indonesia bisa,” kata Luhut, seperti dilansir CNN Indonesia. “ Saya bangga dengan kehadiran rangkaian kereta LRT buatan dalam negeri. Bukan hanya saya, Presiden Joko Widodo pun bangga dengan pencapaian kali ini.”

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, mengatakan bahwa proses LRT Jabodebek akan dimulai pada akhir Oktober mendatang. Ia pun menyebut dana kereta LRT Jabodebek tidak sepenuhnya menggunakan uang negara atau APBN. ini dibangun dengan menggunakan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*