LRT Kelapa Gading-Velodrom Bakal Diuji Coba Saat Asian Games 2018

Andri Yansyah, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta - www.tigapilarnews.com
Andri Yansyah, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta - www.tigapilarnews.com

Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana untuk menguji coba operasional Light Rail Transit () atau ringan DKI Jakarta (Kelapa Gading-Velodrom) ketika pelaksanaan Asian Games pada 18 Agustus 2018 mendatang. Sampai saat ini izin operasional LRT tersebut masih menunggu dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Menurut Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Andri Yansyah, operasional LRT masih menanti sertifikasi dari Kemenhub. Apabila sertifikasi sudah diturunkan, maka pihaknya bisa mengeluarkan izin operasional izin penyelenggaraan atau operasional selama Asian Games 2018 berlangsung.

“Kita tidak membicarakan masalah waktu ya. Kita uji coba sementara, uji operasional namanya istilahnya, sampai pelaksanaan Asian Games. Setelah itu akan dilihat lagi untuk finalisasi semua sarana dan prasarananya,” ujar Andri di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (7/8), seperti dilansir Sindonews.

Lebih lanjut Andri menuturkan jika sampai sekarang sarana dan prasarana LRT DKI Jakarta masih belum siap seluruhnya. Misalnya saja dari 6 stasiun yang ada, baru 2 stasiun yang nantinya siap beroperasi. Usai perhelatan Asian Games 2018 rampung, maka uji coba operasional LRT DKI Jakarta pun akan dihentikan dan PT Jakarta Propertindo (Jakpro) nantinya diwajibkan merampungkan seluruh kekurangan dari tersebut.

Sementara itu, untuk urusan operator dan , menurut Andri nantinya akan ditentukan usai uji coba selama Asian Games 2018 selesai. Selama masa uji coba, maka LRT DKI Jakarta tersebut tidak akan dikenai biaya, alias gratis. Kelak LRT akan diberlakukan dengan bantuan subsidi dari pemerintah daerah. “ masih dibahas tim. Tentunya ada subsidi, tapi tidak tahu berapa? Kan masih dibahas,” tuturnya.

Sementara itu, Direktur Pengembangan Bisnis PT Jakpro, Henra Lesmana mengatakan jika kini pihaknya melakukan sejumlah tes sebelum uji coba operasional LRT. Kata Henra, ada atau tidaknya dalam proses uji coba harus terlebih dahulu melakukan uji coba operasi pada 10 Agustus 2018 besok.

“Paling penting adalah kita ingin memastikan bahwa kita bisa mengajukan kepada Kemenhub untuk mendapatkan rekomendasi teknis untuk safety-nya. kita akan lakukan uji coba operasi sehingga nanti akan ditentukan apakah kita akan libatkan semua orang atau selektif people dalam uji coba operasi selama Asian Games,” ungkap Henra.

Meski mengakui masih banyak kekurangan, Henra memastikan bahwa kesiapan dari 6 stasiun yang akan digunakan untuk LRT akan selesai pada bulan Desember 2018. Baru kemudian bisa diuji coba lagi dengan kesiapan yang sempurna. “Uji coba setelah Asian Games dihentikan untuk mencari stabilitas daripada sistemnya juga,” tutupnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*