LRT Palembang Tiba-Tiba Mogok Saat Uji Coba, Ada Apa?

Uji coba Light Rail Transit (LRT) Palembang - www.viva.co.id
Uji coba Light Rail Transit (LRT) Palembang - www.viva.co.id

– Uji coba Light Rail Transit () Palembang, Sumatera Selatan rupanya masih belum berjalan dengan lancar. Moda teranyar di Palembang tersebut masih saja mengalami sejumlah kendala sebelum resmi beroperasi untuk melayani umum.

Salah satu kendala yang sempat membuat heboh khalayak adalah LRT tiba-tiba mogok selama 45 menit ketika kereta ini melaju dari DJKA atau OPI Mall ke Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II. Hal tersebut berlangsung setelah Kota Palembang dilanda hujan deras pada Rabu (1/8) lalu.

“Ini murni kendala teknis. Untuk masalah ini kita sudah laporkan kepada pihak ,” kata Aidah, Kepala Bagian Hubungan Masyarakat PT Indonesia Divisi Regional III Palembang, Kamis (2/8), seperti dilansir Viva.

Manajer Humas dan Protokoler PT INKA Exiandri Bambang Primadani pun sempat menyampaikan permohonan maafnya atas gangguan yang terjadi pada LRT Palembang ketika uji coba. “Ditemukan kendala teknis terjadi pada sensor pintu yang terbaca posisi ‘Open’. Dari kemarin sudah beroperasi lagi, semoga tidak ada kendala,” ujarnya.

Exiandri menjelaskan, LRT Palembang mengalami kendala teknis 2 km sebelum tiba di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II. Kendala teknis tersebut terjadi pada sensor pintu yang terbaca pada posisi ‘Open’, oleh sebab itu sistem keamanan (Failure Safe) kereta bekerja. Sistem keamanan itu sendiri dirancang sebagai pengaman operasional yang akan secara otomatis mengaktifkan mode ‘Standby’, sehingga kereta tak bisa dijalankan jika ada indikator dari salah satu sensor keamanan yang masih menyala.

Selain itu, LRT juga dilengkapi mode shortcut ‘Engine On’ yang dapat difungsikan operator apabila sudah dipastikan seluruh pintu berada dalam keadaan tertutup. Tim teknis yang melakukan investigasi pun menemukan bahwa setting sensor pintu kereta baru ini masih terlalu sensitif. Oleh karena itu, tim teknis telah mengatur ulang sensor itu dan LRT bisa kembali berjalan dengan lancar. “Sebagai produk perdana, tim teknis akan terus mengawal operasional LRT ini,” katanya.

LRT Palembang diketahui beroperasi memakai 2 rangkaian kereta (trainset) mulai jam 07.00-18.00 WIB dan hanya 6 dari 13 stasiun yang dioperasikan, antara lain Stasiun DJKA atau yang di OPI Mall, Stasiun Jakabaring, Stasiun Ampera, Stasiun Pasar Cinde, Stasiun Bumi Sriwijaya atau yang di Mall Palembang Icon dan Stasiun Sultan Mahmud Badaruddin II.

Sedangkan ketika Asian Games 2018 berlangsung, nantinya terdapat 11 stasiun yang bisa diakses. “Saat Asian Games trainset yang dioperasionalkan akan ditambah menjadi enam trainset. Begitu juga dengan jam operasionalnya dari pukul 04.00-23.00 WIB,” pungkas Pejabat Pembuat Komitmen LRT Palembang, Suranto.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*