Malam Tahun Baru 2019, KRL Beroperasi hingga Pukul Dua Pagi

Direktur Utama PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) Wiwik Widayanti (tengah) memberikan jumpa pers terkait malam pergantian tahun baru 2018/2019 yang digelar di Jakarta - www.antaranews.com

Pada malam pergantian tahun 2019 mendatang, PT Commuter Indonesia (PT KCI) bakal mengoperasikan KRL hingga pukul 02.00 WIB untuk mengantisipasi kebutuhan masyarakat saat merayakan malam Tahun Baru. Selain itu, juga akan mengoperasikan 23 KRL tambahan ke sejumlah pada minggu depan.

“Kami rencananya akan mengoperasikan 23 KRL untuk melayani pengguna hingga pukul 02.00 WIB pada tanggal 1 Januari 2019 mendatang,” tutur VP Corporate Communications PT KCI, Eva Chairunisa, dilansir Bisnis. “Memang, penambahan perjalanan KRL pada malam pergantian tahun rutin dilakukan oleh perusahaan.”

Pada malam pergantian tahun kali ini, Eva menuturkan, pihaknya akan mengoperasikan sembilan KRL tambahan untuk melayani Bogor/Depok-Kampung Bandan/Jakarta Kota PP, tujuh perjalanan KRL tambahan akan melayani Cikarang/Bekasi-Jakarta Kota PP, lima perjalanan KRL tambahan akan melayani Rangkasbitung/Maja/Parungpanjang-Tanah Abang PP, dan dua perjalanan KRL tambahan akan melayani Tangerang-Duri PP.

“Perjalanan KRL tambahan tersebut akan diberlakukan mulai pukul 23.00 WIB sampai dengan pukul 02.00 WIB,” sambung Eva. “Sehubungan dengan hal tersebut, kami mengimbau kepada seluruh masyarakat yang akan menggunakan KRL untuk dapat menyesuaikan waktu menuju stasiun sebelum waktu operasional KRL berakhir.”

Sementara itu, Direktur Utama PT KCI, Wiwik Widayanti, menambahkan bahwa penambahan rute saat malam pergantian tahun bukanlah hal yang baru bagi perusahaan. Sebelumnya, pada malam pergantian tahun 2017 kemarin, pihaknya juga telah menyediakan 21 rute perjalanan tambahan. “Ini sudah rutin dilakukan PT KCI. Pada tahun 2017 menambah 21, sekarang menjadi 23 perjalanan,” ujar Wiwik.

Di samping menambah perjalanan KRL, perusahaan pun akan menambah petugas , kebersihan, dan pengamanan hingga dua kali lipat. Selain itu, juga ada penambahan tiga sampai lima loket portabel yang berpotensi padat pengguna jasa di sejumlah stasiun antara lain Jakarta Kota, Sawah Besar, Juanda, Gondangdia, Manggarai, Tanah Abang, Parungpanjang, Bogor, Duri, Jatinegara, Ancol, Rangkasbitung, dan Bekasi.

Meski demikian, para pengguna juga diimbau untuk tidak bermalam di stasiun. Setelah pukul 02.00 WIB, maka seluruh lokasi stasiun akan kembali steril guna kepentingan pekerjaan pembersihan dan perawatan fasilitas stasiun sehingga dapat digunakan kembali melayani para pengguna keesokan harinya stasiun.