Masih Perbaikan Sistem, Tiket KA Prameks Sementara Tidak Bisa Dibeli Online

Pembelian tiket KA Prambanan Ekspres (Prameks), KA Solo Ekspres, dan KA Sidomukti sementara tidak bisa dibeli online karena ada perbaikan sistem - @prameksdotcom

Solo – Masyarakat yang hendak bepergian ke Solo- tampaknya harus rela sedikit bersusah-payah dalam membeli tiket. Pasalnya untuk sementara ini 3 relasi Solo- dan sebaliknya, antara lain KA Prambanan Ekspres (), KA Solo Ekspres, dan masih belum dapat melayani pembelian tiket secara untuk keberangkatan mulai tanggal 13 September 2018.

Berdasarkan informasi dari akun Instagram Kabar Solo, @kabarsolo, tiket KA Prameks, Solo Ekspres, dan Sidomukti belum dapat dilayani oleh PT KAI lantaran adanya perbaikan sistem. “Adanya perbaikan sistem ditujukan supaya sistem tersebut semakin canggih dan akurat,” kata Eko Budiyanto selaku Manager Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Sabtu (8/9), seperti dilansir Kompas.

Sayangnya Eko masih belum dapat memastikan kapan perbaikan sistem itu selesai dan pemesanan tiket secara online bisa dilayani kembali. Lebih lanjut Eko memaparkan jika untuk saat ini pemesanan tiket KA Prameks pada jadwal keberangkatan 13 September 2018 masih belum dapat dipesan. Meski demikian, para calon penumpang tetap dapat membeli tiket kereta api secara go-show di loket-loket .

KA Prameks sendiri adalah kereta yang melayani rute -Purwosari-Klaten-Brambanan-Maguwo-Lempuyangan-Yogyakarta-Wates-Jenar-Kutoarjo dan sebaliknya. Kemudian rute KA Solo Ekspres adalah -Yogyakarta-Kutoarjo dan sebaliknya. Sedangkan rute KA Sidomukti -Yogyakarta-Lempuyangan-Klaten-Purwosari- dan sebaliknya.

KA Prameks menawarkan perjalanan cepat dan bebas macet dengan waktu tempuh sekitar 1 jam untuk rute Solo-Yogyakarta dan Solo-Kutoarjo. Jika dibandingkan moda lainnya, harga tiket KA Prameks untuk rute Solo-Yogyakarta cukup murah, hanya Rp 8 ribu, sedangkan rute Solo-Kutoarjo tarif tiketnya Rp 15 ribu.

Jika pada kondisi normal, reservasi tiket KA Prameks dapat dilakukan 1 minggu sebelum keberangkatan di sejumlah stasiun tempat pemberhentian KA Prameks sejak jam 09.00-16.00 WIB. Selain itu, calon penumpang juga dapat membeli tiket 1 jam sebelum pemberangkatan. Nantinya calon penumpang bisa langsung datang ke loket khusus yang tersedia, menentukan jam keberangkatan, dan menunggu sekitar setengah jam sebelum kereta datang.