Masyarakat Belum Manfaatkan Diskon Harga Tiket Kereta Api

SURABAYA – Seiring peningkatan fasilitas , kini semakin banyak digunakan oleh masyarakat. Salah satu fasilitas yang dapat dimanfaatkan masyarakat yaitu kereta bagi kelompok tertentu. Tapi sayangnya fasilitasa ini masih belum dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat.

Hal tersebut diungkapkan oleh Humas PT KAI Sumarsono yang mengatakan bahwa ada beragam bentuk potongan tiket yang diberikan bagi golongan tertentu, tapi hanya sedikit yang menggunakan.

“Selama ini yang paling banyak memanfaatkan fasilitas ini dari kelompok , yang lainnya sangat jarang. Veteran juga bisa. Dibilang hampir tidak ada, mungkin terlalu sepuh untuk bepergian,” kata Sumarsono yang dikutip dari Tribunnews.

Penyebab minimnya pengguna fasilitas diskon harga tiket kereta api diakui Sumarsono kemungkinan dikarenakan kurangnya informasi kepada masyarakat.

Fasilitas yang diberikan PT KAI itu adalah diskon sebesar 20 persen bagi Pensiunan dan TNI, Lansia, dan wartawan. Selain itu, juga ada diskon harga tiket kereta api sebesar 50 persen bagi para Veteran yang berlaku di hari Selasa, Rabu, dan Kamis. Di luar hari itu diskon yang diberikan sebesar 30 persen.

Ada juga diskon sebesar 10 persen bagi PNS untuk hari Senin sampai Kamis. Diskon khusus juga diberikan bagi anggota TNI/Polri dengan nilai sebesar 25 persen untuk kereta , dan 50 persen untuk kereta atau Bisnis.

“Diskon ini berlaku untuk semua kelas kereta api, tinggal menunjukkan identitas pensiunan atau ID card wartawan serta fotokopi KTP. Khusus bagi wartawan tidak berlaku untuk kereta lokal,” jelas Sumarsono.

Tentang Masinis 182 Articles
Memulai karir menulis sejak duduk di bangku SMP sebagai layouter dan redaktur, dan membawa proses kepenulisannya hingga di bangku kuliah. 10 tahun terakhir aktif sebagai tenaga desainer di sebuah perusahaan yang berpusat di Malang. Beberapa tahun terakhir menjadi penumpang setia kereta api pagi rute Malang-Surabaya yang berangkat dari Stasiun Kotabaru jam 04.20 setiap hari. Sejak itu, penulis tertarik dengan segala hal tentang kereta api dan sistem transportasi publik.