Mengenal George Stephenson, Pakar Kereta Api Dunia yang Miskin dan Gigih

George Stephenson tercatat lahir pada 9 Juni 1781, di desa pertambangan batubara di Wylam, . Ayahnya, Robert Stephenson, adalah seorang buruh yang miskin. Sehari-hari pekerjaan George kecil adalah menggembalakan beberapa ekor sapi milik tetangga dan juga menutup gerbang pertambangan batubara saat pekerja sudah pulang.George hanya dibayar dua sen sehari untuk dua pekerjaan itu.

Pekerjaan George Stephenson selanjutnya sebagai penyortir di pertambangan. Ia bertugas untuk memisahkan batubara dari jenis batuan dan kotoran lainnya. Pada Akhirnya, George Stephenson mendapat kepercayaan lebih, Ia ditugaskan bekerja di beberapa tambang batubara sebagai petugas pemadam kebakaran, tukang rem, dan insinyur.

George yang memang sangat menyukai biasanya bermain-main dengan mesin atau peralatan pertambangan lain di waktu senggangnya. Ia menjadi terampil menyesuaikan dan bahkan memperbaiki mesin ditemukan di pompa pertambangan, meskipun pada saat itu ia tidak bisa membaca atau menulis. Menyadari akan kekurangannya, George mulai mengikuti sekolah malam, sepulangnya bertugas, disanalah Ia belajar membaca, menulis, dan berhitung.

George_Stephenson_-_Project_Gutenberg_etext_13103Pada 1804, George Stephenson memberanikan diri merantau ke Skotlandia hanya dengan berjalan kaki. Di sana, Ia berkeinginan untuk bekerja di sebuah tambang batu bara yang produknya digunakan oleh James Watt, yang telah terkenal sebagai penemu mesin uap.

George yang senang merantau , pada tahun 1807, beremigrasi ke Amerika.  Tetapi saat ia masih belum mempunyai cukup uang untuk menutup biaya hidup di Amerika yang memang lebih tinggi daripada skotlandia. George mulai bekerja dimalam hari dengan memperbaiki sepatu, jam, dan jam tangan, dan segala sesuatu yang bisa dia perbaiki.

Pada 1813, George Stephenson menyadari bahwa rekannya,  William Hedley dan Timothy Hackworth sedang merancang sebuah untuk tambang batubara Wylam. Jadi pada usia dua puluh, George Stephenson mulai pembangunan pertamanya. Hal yang terpenting adalah George membuat setiap bagian dari mesin dengan tangan, hanya ditemani dengan asistennya John Thorswall, seorang pandai besi tambang batu bara.

Setelah berselang sepuluh bulan, lokomotif pertama George Stephenson yang dinamakan “Blucher” selesai dan diuji pada lintasan kereta Cillingwood pada tanggal 25 Juli 1814.

Pada tahun 1825 George Stephenson akhirnya berhasil membuat kereta api pertama yang digunakan untuk umum, yaitu kereta api Stockton dan Darlington. Kemudian disusul dengan kereta api Liverpool-Manchester pada tahun 1830. Saat itu, George telah resmi menjadi kepala teknisi untuk beberapa kereta api.

Rancangan paten Locomotive Engine LOC3c10386v
Rancangan paten Locomotive Engine LOC3c10386v
Tentang Masinis 182 Articles
Memulai karir menulis sejak duduk di bangku SMP sebagai layouter dan redaktur, dan membawa proses kepenulisannya hingga di bangku kuliah. 10 tahun terakhir aktif sebagai tenaga desainer di sebuah perusahaan yang berpusat di Malang. Beberapa tahun terakhir menjadi penumpang setia kereta api pagi rute Malang-Surabaya yang berangkat dari Stasiun Kotabaru jam 04.20 setiap hari. Sejak itu, penulis tertarik dengan segala hal tentang kereta api dan sistem transportasi publik.