Menhub Jonan Nyaman Naik KA Ekonomi Malang-Surabaya

MALANG Setelah meresmikan terminal keberangkatan di Bandara Abdulrachman Saleh, memutuskan untuk naik dari Stasiun Kota Malang menuju .

Ignasius Jonan merasa nyaman ketika naik Api (KA) kelas ekonomi dengan tiket seharga Rp12 ribu jurusan Malang-Surabaya via KA Penataran.

“Apa salahnya naik KA ekonomi. Sekarang KA ekonomi nyaman dan ber-AC, bahkan saya membeli tiket untuk KA tujuan Surabaya,” kata Jonan saat menanti kedatangan KA Penataran yang membawanya ke Surabaya dengan para rombongan di Stasiun Kotabaru Malang, , Kamis (25/6).

Sambil menunggu kedatangan KA Penataran dari Blitar, Menhub memeriksa fasilitas umum yang tersedia di area Stasiun Kotabaru. KA Penataran yang ditumpangi Menhub berangkat dari Stasiun Kotabaru menuju Surabaya sekitar pukul 17.05 WIB.

Beliau mengimbau agar petugas dinas perhubungan tetap siaga saat masa mudik. Sebab peluang terjadinya kecelakaan semakin tinggi di tahun ini.

Ia khawatir, banyaknya warga yang mengendarai kendaraan pribadi bisa berisiko meningkatkan angka kecelakaan. Jonan mengatakan kepada jajarannya, khususnya dinas perhubungan agar membuat posko penyelenggaraan lebaran terpadu selama 26 hari.

“Pada H-15 sampai H+9 saya imbau petugas siaga, jangan ada liburan. Kita bantu pengamanan lebaran,” kata Jonan, Kamis (25/6).

Ia menyebutkan ada penurunan pemudik menumpangi bus. Saat memaparkan perkiraan mudik dan lebaran 2015, ia menyebutkan bus turun sampai 5,97 persen dibandingkan tahun lalu.

Lain halnya dengan jenis lain, jalur penyeberangan naik 3,58 persen, penumpang kereta api 8,54 persen, jalur laut 3,00 persen, dan udara 1,96 persen.

“Masyarakat kini lebih memilih menggunakan mobil pribadi daripada sarana umum, ini yang farus kita perhatikan,” ungkapnya.

Tentang Masinis 182 Articles
Memulai karir menulis sejak duduk di bangku SMP sebagai layouter dan redaktur, dan membawa proses kepenulisannya hingga di bangku kuliah. 10 tahun terakhir aktif sebagai tenaga desainer di sebuah perusahaan yang berpusat di Malang. Beberapa tahun terakhir menjadi penumpang setia kereta api pagi rute Malang-Surabaya yang berangkat dari Stasiun Kotabaru jam 04.20 setiap hari. Sejak itu, penulis tertarik dengan segala hal tentang kereta api dan sistem transportasi publik.