Meski Tarif Promo Berakhir, KA Solo Ekspres Tetap Diminati Masyarakat

Eko Budiyanto, Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi 6 Yogyakarta - www.solotrust.com
Eko Budiyanto, Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi 6 Yogyakarta - www.solotrust.com

Solo – Keberadaan api (KA) Solo Ekspres rute Solo-Yogyakarta-Kutoarjo rupanya cukup diminati oleh masyarakat. Hal ini terlihat dari tingkat keterisian atau okupansi KA Solo Ekspress yang cukup tinggi dari hari ke hari.

“Bahkan selama momentum lalu tingkat keterisian mencapai 90%,” ujar Manajer Humas PT KAI Daop VI Yogyakarta Eko Budiyanto di Solo, Kamis (28/6), seperti dilansir Beritasatu.

Walaupun saat ini yang diberlakukan untuk KA Solo Ekspres bukan lagi , namun tingkat keterisiannya dilaporkan mencapai 90-100% setiap harinya. Sebelumnya KA Solo Ekspres dipatok Rp 30 ribu untuk rute Solo-Yogyakarta atau sebaliknya dan Rp 40 ribu untuk rute Solo-Kutoarjo atau sebaliknya. Tetapi mulai H-10 Lebaran 2018 terjadi perubahan tarif dan sampai sekarang tarif yang diterapkan adalah Rp 45 ribu sampai Rp 60 ribu.

“Jadi sebelumnya merupakan harga promo. Saat ini harga promo itu sudah ditarik. Sekarang tarif di luar promo. Tarifnya normal, yaitu Rp 45.000/ dari Solo ke Yogyakarta dan Rp 65.000/ untuk Solo-Yogyakarta-Kutoarjo,” jelas Eko.

Lebih lanjut Eko menjelaskan bahwa walaupun tidak lagi menerapkan tarif subsidi, dioperasikannya KA Solo Ekspres cukup berperan dalam mengurai kepadatan arus penumpang KA Prambanan Ekspres (Prameks) yang melayani rute Solo-Yogyakarta dan Solo-Kutoarjo. “Pada hari normal untuk tingkat keterisian KA Prameks selalu 100%. Apalagi pada saat Lebaran lalu di mana orang juga memanfaatkan liburan untuk berwisata,” kata Eko.

Setiap satu set rangkaian KA Solo Express dengan jenis Kereta Diesel Listrik (KRDE) terdiri dari 4 kereta yang mampu memuat kapasitas keseluruhan mencapai 393 orang penumpang dalam posisi duduk dan berdiri. “Kalau untuk waktu tempuhnya dari Solo Balapan ke Kutoarjo kurang lebih 2 jam,” beber Eko.

KA Solo Ekspres dilengkapi fasilitas yang cukup memadai seperti AC, TV, stop kontak, dan toilet. Di samping itu, ini juga mengakomodir penumpang yang berkebutuhan khusus dengan menyediakan area khusus penumpang berkursi roda di dalam kereta. Pemesanan tiket KA Solo Ekspres tak jauh berbeda dengan KA Prameks, penumpang dapat memesan tiket 7 hari sebelum keberangkatan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*