Mudik Lebaran, Ada Tiket Kereta Gratis dari Surabaya dan Banyuwangi

Wahid Wahyudi, Kepala Dinas Perhubungan Jatim - www.suarajatimpost.com
Wahid Wahyudi, Kepala Dinas Perhubungan Jatim - www.suarajatimpost.com

SURABAYA – Untuk memudahkan masyarakat pulang kampung pada mendatang, Provinsi Jawa Timur dan Dinas Perhubungan Jawa Timur tidak hanya menyediakan gratis menggunakan bus, tetapi juga menggelar gratis naik dari Surabaya. Namun, mudik gratis tersebut hanya terbatas untuk tujuh kota tujuan saja.

Seperti dilansir dari Tribun News, pendaftaran mudik gratis menggunakan kereta api ini sebenarnya telah dibuka mulai tanggal 12 April 2018 lalu. Pendaftaran akan berlangsung hingga hari H pelaksanaan pemberangkatan. Dan, karena menyangkut jadwal dan penyesuaian , pendaftaran dilayani di terdekat.

“Kami juga sudah berkoordinasi dengan DAOP 8 Surabaya bahwa mudik gratis juga dilayani dengan naik kereta api. Pemerintah Provinsi Jawa Timur telah menyewa banyak untuk mudik gratis warga,” jelas Kepala Dinas Perhubungan Jatim, Wahid Wahyudi. “Bagi yang ingin mudik gratis dengan kereta api, diminta menghubungi stasiun terdekat, sebab akan berlaku online untuk program ini.”

Untuk mudik gratis dari Surabaya menggunakan kereta api, porsi paling banyak adalah tujuan Malang dan Tulungagung. Rute lengkap untuk mudik gratis menggunakan kereta api adalah Surabaya-Blitar via Kertosono, Surabaya-Blitar via Malang, Surabaya-Malang, Surabaya-Kertosono, Sidoarjo-Surabaya-Bojonegoro, Surabaya-Banyuwangi, dan Malang-Banyuwangi.

Tidak cuma dari wilayah Surabaya, PT KAI DAOP 9 Jember juga tidak mau ketinggalan untuk menyediakan angkutan kereta api gratis untuk mudik Lebaran. Tidak tanggung-tanggung, ada 3.710 tiket mudik gratis yang ditawarkan, yaitu KA Probowangi relasi Banyuwangi-Surabaya dan KA Tawangalun relasi Banyuwangi-Malang.

“Untuk angkutan KA gratis tahun 2018 dari DAOP 9, disiapkan total 3.710 tiket kereta api yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk merayakan Lebaran,” kata Manajer Humas PT KAI DAOP 9, Luqman Arif. “Untuk KA Probowangi, berangkat pada tanggal 17 Juni sampai 20 Juni, sedangkan KA Tawangalun berangkat pada 17 Juni sampai 19 Juni.”

Untuk mendapatkan tiket angkutan mudik dan balik gratis menggunakan kereta api, masyarakat bisa memesan di stasiun dalam jaringan terdekat dengan syarat tiket mulai tanggal 18 April 2018. tiket kereta gratis ini wajib menyertakan fotokopi KTP atau KK, sedangkan untuk pelajar atau mahasiswa, bisa menggunakan kartu tanda mahasiswa atau kartu pelajar, dengan satu pemesan maksimal empat tiket.