Mudik Lebaran, KAI Surabaya Siapkan 8 Kereta Tambahan

Suprapto, Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya - primaradio.co.id
Suprapto, Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya - primaradio.co.id

Untuk mengantisipasi , PT Indonesia () DAOP 8 Surabaya mengoperasikan delapan pada masa Lebaran 2019 selama 22 hari (26 Mei hingga 16 Juni 2019). Dengan demikian, perusahaan menyediakan total 1.019.274 tempat duduk selama musim mudik dan balik Lebaran, dengan perkiraan okupansi penumpang mencapai 793.500 orang.

“PT KAI menyediakan 91 kereta api, yang terdiri dari 83 kereta reguler dan 8 kereta tambahan pada masa angkutan Lebaran 2019, yakni selama 22 hari mulai tanggal 26 Mei hingga 16 Juni 2019,” jelas Manajer Humas PT KAI DAOP 8 Surabaya, Suprapto. “Calon penumpang yang ingin mendapatkan atau mengecek ketersediaan bisa melihat melalui aplikasi KAI Access, website kereta api, dan seluruh channel resmi KAI lainnya.”

Delapan kereta tambahan yang disediakan antara lain KA Gajayana Lebaran relasi Malang-Gambir, KA Sembrani Pagi Lebaran relasi Surabaya Pasarturi-Gambir, KA Sancaka Lebaran relasi Surabaya Gubeng-, KA Kertajaya Lebaran relasi Surabaya Pasarturi-Pasar Senen, KA Matarmaja Lebaran relasi Malang-Semarang Poncol-Pasar Senen, KA Pasundan Lebaran relasi Surabaya Gubeng-Kiaracondong, KA Jayakarta Premium tambahan relasi Surabaya Gubeng-Malang, dan KA Jakayarta Premium tambahan relasi Malang-Surabaya Gubeng.

Jumlah penumpang pada tahun ini diprediksi naik sekitar 4 persen dibandingkan tahun lalu, dengan volume sebanyak 762.085 penumpang. Perusahaan sendiri memprediksi masa puncak angkutan Lebaran terjadi pada hari Sabtu (1/6) atau H-4 Lebaran (pra-Lebaran) dan pada tanggal 9 Juni 2019 atau H+3 Lebaran (pasca-Lebaran).

“Bagi masyarakat yang punya tiket, diimbau untuk memerhatikan barang-barang bawaan,” sambung Suprapto. “Terutama bagasi, karena kami menggunakan angkutan umum, sehingga harus menjaga privasi dan kenyamanan para penumpang lainnya. Untuk bagasi penumpang kereta api, kami batasi maksimal 20 kilogram.”

Demi menjaga kelancaran dan kenyamanan selama musim mudik, PT KAI DAOP 8 Surabaya juga menyiapkan 100 personel tambahan dari TNI dan Polri. Tidak hanya itu, perusahaan pun menyertakan dua unit K-9 atau anjing pelacak selama arus mudik Lebaran, serta mengerahkan 600 personel keamanan dari internal perusahaan.